Menyisipkan Simbol atau Karakter khusus di CorelDraw 2020

Cara menyisipkan Simbol atau Karakter khusus di CorelDraw 2020, saat kita hendak membuat suatu desain terkadang kita perlu menyisipkan simbol dan karakter khusus kedalam bidang gambar yang sedang kita design. Simbol dan karakter kusus yang sering digunakan sebagai contohnya adalah simbol Registered ® (Tanda merek terdaftar), Copyright © (Tanda hak cipta) dan Trademark ™ (Merek dagang) dan simbol-simbol lainya seperti mata uang dan huruf arab.

Symbol atau Character khusus (karakter spesial) merupakan bagian dari kode American Standard Code for Information Interchange (ASCII) dimana merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode dimana kode karakter-karakter dan symbol ini tersembunyi karena bersifat tambahan dari papan keyboard komputer atau laptop.

Biasanya Simbol dan karakter khusus tidak tersedia secara default pada tombol keyboard tetapi kita dapat mengaktifkan fitur ini lewat CMD atau run dengan mengetikan perintah khusus seperti charmap (character map) maka akan muncul beberapa symbol ASCII yang tidak ada pada tombol keybord. Sedangkan CorelDraw sudah menyediakan kode-kode symbol ini secara default pada aplikasinya jadi anda tidak perlu menggunakan character map pada windows.

Fungsi Simbol & Karakter khusus?

Biasanya pada saat proses pembuatan desain logo atau merek maka diperlukan beberapa kode tambahan seperti yang dijelaskan diawal yaitu symbol copyright, trademark, registred, paten dan lain sebagainya. Selain itu juga kamu bisa memasukan mata uang tertentu seprti misalnya yen. Caranya pun sangat mudah ikuti petunjuk berikut ini.

Pada Coreldraw X7 atau versi-versi corel awal mungkin fitur simbol ini bernama Insert Character tetapi pada coreldraw 2020 seperti yang penulis gunakan ini fitur tersebut berganti nama menjadi Glyphs.

Tutorial Menyisipkan Symbol Character di CorelDraw 2020


  1. Buka CorelDraw klik (+) pada Dockers – beri centang pada Glyphs.
  2. Cara pitasan kamu bisa juga menekan tombol Ctrl + F11 pada keyboard.
  3. Maka akan tampil kode-kode & Symbol yang bisa kamu manfaatkan.
  4. Klik salah satu – copy dan pastekan pada lembar kerjamu.

Menyisipkan Simbol atau Karakter khusus di CorelDraw 2020

Cukup mudah bukan, kamu hanya memerlukan perintah pintasan atau dua klik saja maka dan dengan cepat langsung bisa menemukan kode-kode symbol dan karakter yang di inginkan. Semoga bermanfaat
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Menyisipkan Simbol atau Karakter khusus di CorelDraw 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close