Add-ons (Ekstensi) Browser Wajib Untuk Download, Streaming dan Surfing di Internet

Berselancar internet (Internet Surfing), googling, streaming dan download file merupakan hal yang sudah menjadi habit dalam era keterbukaan informasi saat ini. Di tengah kemudahaan akses informasi dan integrasi media tak jarang pemanfaatan keuntungan juga dapat diraih salah satunya dengan munculnya iklan (Ads) pada suatu situs dan tracking client untuk memaksimalkan target penjualan, disamping itu juga turut menjadi ladang yang sangat potensial pula untuk penjahat Cyber melancarkan aksinya.

Apa bedanya Addons dengan Ekstensi Browser itu ?? keduanya sebenarnya sama saja hanya berbeda penyebutan saja, yaitu aplikasi tambahan yang disediakan oleh pihak ke tiga untuk memaksimalkan kinerja browser yang dipakai, mengingat browser sendiri secara default tidak memberikan fitur-fitur pendukung, browser hanya memfasilitasi user untuk menggunakan ekstensi ini dengan menginstal terpisah.

Browser merupakan gerbang untuk mengakses dunia digital seperti Browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Brave, IE, Tor, Vivaldi dan masih banyak lagi, sedangkan Add-Ons atau Ekstensi browser ini merupakan cara terbaik untuk mengamankan privacy kamu sekaligus menghindari gangguan seperti banner iklan (Ads), redirect site dan mencegah pop-up under yang bertubi-tubi muncul. 

Berikut beberapa Addons (Ekstensi) yang wajib ada di Browser untuk kamu yang suka berselancar di internet, unduh atau download file, hingga streaming film agar akses kamu semakin aman dan nyaman tanpa gangguan.

zotutorial.com - Tetap aman berinternet - Stay Safe Surf Internet

Ekstensi add-ons ini efektif untuk penggunaan di Smartphone, Computer PC dan Laptop, apa saja add-ons, fungsi dan bagaimana cara memasang add-ons di HP dan laptop silahkan baca hingga habis.


Add-ons (Ekstensi) Browser Wajib Untuk Download, Streaming, Googling dengan Aman dan Nyaman


1. uBlock Origin - (Free & Open Source)

Ya, Ekstensi pertama yang bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tidak mau terganggu dengan adanya iklan, maka ekstensi ini adalah untuk menghilangkan iklan. Berbagai jenis iklan, baik iklan di artikel, situs download, situs software maupun situs streaming, termasuk juga iklan di Youtube tidak akan muncul dengan menggunakan adblock, tetapi bila kamu tetap menginginkan iklan tetap muncul sebagai dukungan dan refrensi pencarian maka bisa mengabaikan ekstensi ini.

Add-Ons Extension - uBlock Origin for Mozilla Firefox

Ekstensi serupa yang sangat powerfull lainya adalah : AdGuard AdBlocker (include anti malware & tracking), Ghostery – Privacy Ad Blocker. Jika menggunakan AdGuard kamu perlu set on pada semua filters - di pengaturan AdGuard. AdGuard ini juga Free dan Open Source.

2. Poper Blocker - (Free)

Pernahkah mengklik tautan Download atau Link tapi dialihkan ke situs lain ? atau muncul pop-up yang brutal ? jika kamu sering mengunjungi situs download software dan streaming, pop up ini pasti hampir sering anda jumpai.

Add-Ons Extensions - Poper Blocker for Mozilla Firefox

Pop Up ini salah satu gangguan yang menyebalkan karena membuat di lempar kesana-kemari sebelum masuk kesitus tujuan, bisa-bisa salah klik pop-up diarahkan ke situs yang berbahaya berisi malware dan ransomware hingga phising. Maka ekstensi Pop up blocker ini sangat wajib anda gunakan untuk menghilangkan popup.

3. Privacy Badger - (Free)

Pernahkah sedang browsing lalu muncul iklan seperti apa yang kamu sedang cari ? Ya, Sebenarnya mesin pencarian sedang memata-matai (tracking) aktivitas kamu saat berselancar di internet. Pegiat dunia bisnis online, toko online (E-Commerce) dapat mengetahui apa saja yang sedang kamu inginkan, karena tracking ini berguna untuk memaksimalkan penjualan situs online, jasa hingga aplikasi agar sesuai sasaran.

Add-Ons Extensions - Privacy Badger for Mozilla Firefox

Bila privacy anda terganggu dengan hal ini maka wajib anda untuk memasang add-ons Privacy Badger ini agar dunia online tidak men tracking riwayat jelajah kamu. Add-ons serupa yang bisa kamu coba diantaranya : Decentraleyes, Ghostery

4. HTTPS Everyware - (Free)

Meskipun sebagian besar situs sudah menggunakan https, namun tidak salah bila menambahkan HTTPS Everyware karena semua situs yang belum http akan otomatis diubah menjadi https agar ter enskripsi dengan aman sehingga meminimalkan resiko penyadapan atau sniffing oleh pihak ke 3 saat kamu log-in di internet terutama saat menggunakan Wifi Public.

Add-Ons Extensions - HTTPS Everyware for Mozilla Firefox

Browser yang telah include HTTPS Everyware diantaranya : Tor browser, Brave browser

5. Clear Cache - (Free)

Tidak mau history Riwayat jelajah kamu di lihat teman kamu atau di tracking website ? maka kamu wajib menginstal add-ons Clear Cache ini. Addons ini membuat kamu tidak perlu masuk history dan menghapus secara manual, cukup 1x klik pada icon di browser bar maka semua history, cache, cookies, form data, password langsung terhapus, simple mudah dan efisien. Add-ons sejenis : Clear Browsing Data.

Add-Ons Extensions - Clear Cache for Google Chrome

Pastikan centang pengaturan/option Clear Cache pada item yang ingin dibersihkan dan di set ‘Everything’ pada Time Period. Untuk pengguna Mozilla Firefox tidak perlu add-ons ini tinggal pergi ke pengaturan - Privacy & Security - pada History set ke ‘Never Remember History’ hanya saja riwayat baru hilang ketika browser di close.

6. ImTranslator - (Free)

Untuk kamu yang senang berselancar untuk mencari literasi di internet dengan kemampuan Bahasa Asing yang minim tidak perlu kawatir, add-ons satu ini bisa diandalkan, karena dapat dengan mudah menerjemahkan aneka Bahasa kedalam Bahasa Indonesia yang mudah dipahami.

Add-Ons Extensions - ImTranslator for Google Chrome

Caranya pun cukup mudah, setelah menginstal seleksi kalimat yang ingin di translate maka akan muncul logo ImTranslator. Bisa juga terjemakan 1 halaman page full dengan klik kanan ImTranslator - Translate this page to Indonesia.  Pastikan set pengaturan ImTranslator option - pilih Select Target Language menjadi Indonesia.

7. IDM (Internet Download Manager) – (Paid)

Ekstensi IDM ini wajib ditambahkan untuk kamu yang suka download/comot/unduh software, aplikasi, video atau film karena sangat praktis untuk mendownload dan meningkatkan kecepatan unduh. IDM sendiri sudah menemani dan menjadi andalan admin sejak tahun 2008, awal berkenalan dengan internet.

Add-Ons Extensions - IDM for Google Chrome

Ketika menggunakan IDM kamu perlu menginstal aplikasi pada windows dan setelah itu tambahkan Add-ons Internet Download Manager di browser yang kamu gunakan.

8. VPN - (Free or Paid)

Suka terhubung ke WIFI Public ? misal Wifi hotel, café, kampus, kos dan wifi corner ? Padahal ketika Log-in akun media social, banking atau dashboard penting lain melalui WIFI public sangatlah rentan dan beresiko penyadapan. Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan VPN (Virtual Privat Network) untuk menghindari MITM yang bisa menyadap lalu lintas paket data kamu. Karena jaringan wifi public mudah sekali di sadap, pastikan menggunakan VPN yang terpercaya atau bisa juga berbayar.
Add-Ons Extensions - VPN for Opera Browser
Kamu bisa juga menggunakan VPN gratis & unlimited yang sudah include dalam browser seperti Opera Browser. Dengan menggunakan VPN maka IP anda akan disamarkan dan siap nongkrong di wifi public dengan aman.


Bagaimana Cara Memasang Add Ons atau Ekstensi Browser di PC atau Laptop ?


Untuk kamu yang awam mengenai penggunaan add-ons ekstensi pada browser ini pasti akan kebingungan, tetapi sebenarnya mudah saja, sesuaikan dengan browser yang kamu pakai.

►Extensions Untuk pengguna Google Chrome Browser 

Kamu bisa klik ini https://chrome.google.com/webstore/category/extensions lalu ketik pada kolom search add-ons yang diinginkan untuk mendapatkan semua ekstensi diatas, dan setelah mengistal kamu bisa liat icon yang muncul disamping kolom URL.

Kamu juga bisa melihat add-ons apa saja yang sudah di instal dengan klik titik 3 dibawah close - More Options - Ekstensions. Disitu kamu bisa melihat ekstensi yang aktif, menonaktifkan dan me-remove exstensions.

►Extensions Untuk pengguna Opera Browser 

Kamu bisa klik ini https://addons.opera.com/extensions?hl=en-GB dan setelah terpasang (Ctrl + Shift + E) Untuk mengontrol semua ekstensi yang terinstal. Yang menarik di Opera, kamu bisa pasang extension milik Chrome dengan menginstal ekstensi bernama ‘Install Chrome Extensions’ cari di ekstension opera, setelah terinstal baru kamu bisa menggunakan extension Chrome seperti cara dan link diatas.

Pada Opera Browser terbaru telah include dengan VPN Free, Anti Tracking, dan pemblokir iklan. Bisa diaktifkan pada pengaturan Opera (Alt + P) - Privacy Protection - set ‘Block ads and surf’ dan ‘Block Tracker’ ke posisi On. Set juga Enable VPN.

►Extensions untuk Pengguna Mozilla Firefox Browser

Kamu bisa kunjungi https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/ dan setelah terpasang (Ctrl + Shift + A) Untuk mengontrol ekstensi yang terpasang, pada Mozilla Firefox terbaru telah include dengan Anti Tracking & Adblock, aktifkan dengan masuk ke pengaturan - Privacy & Security - Enhanced Tracking Protection - pilih strict / custom, set juga “Do Not Track” ke Always. Dan kamu bisa menambahkan Add-ons seperti diatas agar semakin safe.


Add-Ons Untuk Pengguna Smartphone ‘Android’ Bagaimana Caranya ?


Untuk pengguna Smartphone sayangnya kamu hanya bisa menerapkan beberapa ekstensi diatas dengan menggunakan Browser Mozilla Firefox, setelah terinstall klik titik 3 di browser - klik Add-ons - kemudian pilih dan pasang ekstensi yang di rekomendasikan.

Add-Ons Mozilla Firefox for Android

Sedangkan untuk Browser Opera Android tidak bisa menambahkan ekstensi, tetapi sudah tersedia include beberapa fitur diantaranya, VPN Free, Pemblokir Iklan, Anti tracking yang siap digunakan.

Untuk Browser Chrome di Android bagaimana ? hehe kalau itu jelas tidak tersedia, hanya ada pengaturan ‘Do Not Track’ pada pengaturan privacy, tapi kamu bisa menggantinya degan Brave Browser for Android dengan basis chromium serupa dengan Google Chrome tetapi lebih secure, privacy dan anti-iklan.

Bisa juga menggunakan Tor Browser dengan anonimitas yang sangat tinggi serta privacy yang lebih baik. Dengan konsekuensi koneksi sedikit lebih lambat dari browser umum di atas.

Note : Untuk kinerja yang lebih maksimal di smartphone jangan gunakan browser yang versi Mini atau Lite, gunakan browser yang versi besarnya.

Semoga bermanfaat, dengan menerapkan beberapa add-ons browser diatas semoga menjadikan anda lebih aman dan nyamanan saat beraktifitas berselancar di internet tanpa gangguan iklan, pop-up, hingga malware.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Add-ons (Ekstensi) Browser Wajib Untuk Download, Streaming dan Surfing di Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close