Cara Membuat Short Link Agar URL Menjadi Pendek Banget | Shortener s.id

Apakah masih ada yang bingung tentang cara dan bagaimana membuat shotlink agar URL jadi pendek? Fungsi shortlink apa dan bagaimana cara penggunaanya? Kali ini zotutorial akan bahas cara untuk memperpendek link url, untuk Anda yang belum paham atau sedang mencari tahu juga akan saya jelaskan sedikit melalui ulasan artikel dan tutorial berkut ini.


Apa Shortener URL itu ?


Shortener URL (
Uniform Resource Locator)
adalah suatu bentuk teknis yang dilakukan untuk memperpendek URL dengan bantuan shortlink. URL ini yang biasa di sebut para netizen “Link nya mana gaes” atau “No Link Hoax” Contoh URL - https://www.zotutorial.com/2020/02/jadi-begini-caranya-gaes.html setelah link dibuat pendek banget maka akan menjadi s.id/emhVu.

Tujuan utama dari penggunaan shortlink adalah memperpendek link url yang panjang agar menjadi ramping dan sesingkat mungkin. Link tersebut merupakan menggunakan pihak ketiga yang lebih pendek sebelum dialihkan ke link aslinya. 

Hal ini biasa dilakukan oleh sebagian pengguna sosial media seperti youtube untuk di cantumkan pada deskripsi, begitu juga dengan caption twitter, link di profil instagram, whatsapp atau sosmed lainya. Situs-situs download juga banyak yang mengaplikasikanya.


(s.id) Shortener Paling Pendek ?


Ya, tepat sekali. Sesuai tagline nya ‘World's shortest URL shortener’ Shortener URL asli dari indonesia ini di klaim terpendek di dunia, namun belum banyak orang yang menggunakan dan familiar, bisa diketahui dari statistik penggunanya yang masih diangka 493 ribu per september 2021. Cukup jauh memang dengan kompetitor sejenis yang mencapai angka miliar akses.


Artikel ini juga sekaligus membantu produk lokal agar lebih dikenal banyak orang, yang mana tidak kalah handal dengan short link yang sudah populer. Bagaimana tidak paling pendek, karena hanya memakai 1 karakter saja yaitu “S” pendeknya tentu mengalahkan bit.ly masih punya 3 karakter huruf “bit”. 

Sejauh ini dan sepengetahuan penulis s.id masih yang paling pendek, bila di kemudian hari muncul shortener serupa dengan 1 karakter di depan domain juga bukan mustahil dan pasti adanya karena hukum pasar.


Pengaruh Penggunaan Short Link


Mungkin akan ada pertanyaan, adakah pengaruhnya terhadap link asli kalau URL nya di pendekin? Kalau pengaruh terhadap situs tentu saja tidak akan terjadi perubahan apa-apa, hanya saja pengunjung link jadi tidak bisa mengetahui link asli dan akan diarahkan kemana, dilain sisi akan terasa sedikit delay ketika membuka link web yang di pendekin.

Mengapa bisa delay? karena jika memakai url shortener sebelum laman tujuan terbuka maka shortener link akan membuka untuk memproses terlebih dahulu, jadi melewati shortener url dahulu baru di arahkan ke situs tujuan. 

Sedangkan membuka link tanpa short, ketika klik link langung mengarah pada situs tujuan. Tetapi itu tidak menjadi masalah bahkan tidak terasa perbedaanya, karena hanya delay sepersekian detik saja.

Untuk pengaruh yang paling terasa ya terhadap link URL itu sendiri yang kita submit akan menjadi lebih pendek dan ringkas. Biasanya memperpendek URL ini kita butuhkan untuk di sisipkan pada Caption Instagram, Deskripsi Youtube, Twitter, Facebook, sehingga tidak membuat penuh, terlihat lebih ringkas dan rapi pada konten atau caption yang memuatnya. 

Belum lagi bisa digunakan untuk link affiliate online shop. Selain itu alasan penggunaan URL Shortener adalah kemudahan dalam copy paste sebuah link bahkan bisa di hapalkan, bila URL biasa terlalu panjang tentu akan terasa merepotkan. Bagaimana caranya memperpendek Link URL dengan s.id URL shortener terpendek di dunia asli Indonesia, langsung saja simak tutorial berikut.


Cara Memperpendek Link URL dengan (s.id) Mudah!


  1. Siapkan link URL yang akan di rampingkan kemudian buka https://s.id.
  2. Tampilan s.id akan tampak seperti gambar dibawah, masukan URL - klik singkatkan.
  3. Setelah disingkatkan maka akan muncul short link.
  4. Klik salin dan link siap untuk digunakan atau di sisipkan.

Cara Membuat Short Link Agar URL Menjadi Pendek Banget | Shortener URL s.id

Sama seperti shortener lain, kamu dapat menggunakan Shortener URL tanpa harus daftar atau masuk Log-In terlebih dahulu, hanya saja kamu tidak bisa mengontrol dan link tidak ter Record dalam dashboard jika menggunakan layanan tanpa membuat akun.


Apakah (s.id) bisa Custom URL ?

Bisa banget, sama seperti shortener lain, kamu harus masuk dahulu pada dashboard s.id untuk melakukan perubahan dan mendapatkan beberapa fitur lain. Bila belum pernah mendaftar, silahkan mendaftar terlebih dahulu, caranya cukup mudah, tinggal klik mendaftar untuk selanjutnya mengisikan email dan password pada form.

Setelah mendaftar kamu bisa memendekan url melalui dasboard, masukan link dan klik singkatkan. Kamu bisa klik ganti untuk meng-custom sesuai dengan kebutuhan, dan setelah itu klik centang. Jika sudah, kamu tinggal menyalin untuk selanjutnya dibagikan. Ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan termasuk statistik. Menggunakan ini gratis ya sob tidak dipungut biaya apapun.


Cara Membuat Short Link Agar URL Menjadi Pendek Banget | Shortener URL s.id


Selain itu pengguna juga bisa memantau melalui dashboard s.id seluruh riwayat link URL yang pernah di perpendek dan memonitor statistik jumlah pengunjung link.

Cara Membuat Short Link Agar URL Menjadi Pendek Banget | Shortener URL s.id

[BEFORE] Link URL panjang dari contoh :
http://zotutorial.blogspot.com/2018/02/menggabungkan-partisi-hardisk-eksternal-internal-tanpa-software.html

[AFTER]
URL s.id Standar : https://s.id/emhJN
URL Custom : https://s.id/partisiHDD


Refrensi URL Shortener lain Sejenis :

  • https://is.gd
  • https://bitly.com
  • https://adf.ly
  • https://tinyurl.com


Akhir Kata


Alasan lain penggunaan shortlink selain untuk memperpendek link yang terlalu panjang, umumnya para pengguna shortener link juga menggunakannya agar bisa mendapatkan uang tambahan dari link yang di akses oleh pengunjung. 

Berbeda seperti adf.ly dan bit.ly dimana pengguna bisa mendapatkan pundi-pundi per seribu link yang akses, dalam hal ini tidak berlaku untuk s.id dan beberapa URL shortener lain sejenis karena tidak bisa menghasilkan income.

Jika ulasan tentang tutorial memperpendek link URL dengan s.id Shortener ini bermanfaat dan membantu anda, Jangan lupa share ke komunitas atau kolega anda agar semakin banyak orang yang tahu shortener link terpendek di dunia asli indonesia ini, semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Membuat Short Link Agar URL Menjadi Pendek Banget | Shortener s.id"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel