Tutorial Membuat Effek Mirror pada Tulisan dengan CorelDraw X7

Zona Tutorial - Selamat berkunjung bagi sobat yang sedang belajar coreldraw selamat karena tutorial kali ini akan membahas tentang bagaimana cara untuk membuat efek mirror pada tulisan dengan menggunakan CorelDraw X7. Effect Mirror atau duplikasi sering juga digunakan pada desainer untuk memberi kesan refleksi objek yang tercermin, bisa juga dipakai untuk memberi kesan bayangan seperti tutorial kali ini.

Dalam memberikan efek mirror tak hanya dapat dilakukan pada tulisan saja, tetapi bisa objek lain yang dapat kita import kedalam ruang kerja CorelDraw kita seperti contohnya gambar foto dan vector. Pada tutorial kali ini yang akan saya berikan tutorialnya adalah effek mirror melalui tulisan (text) jadi pada tulisan tersebut akan tampak seperti mempunyai bayangan dibawahnya, dengan menambahkan sedikit sentuhan efek Transparency Tool pada ujung bayangan tersebut. Lalu bagaimana caranya? mari ikuti langkah-langkah mudah berikut ini :

Effek Mirror | Zona Tutorial
Mirror Effect

Cara Membuat Effek Mirror Tulisan dengan CorelDraw X7

Langkah Pertama

Silahkan sobat buka CorelDraw, tutorial ini saya buat menggunakan Corel X7 silahkan sobat sesuaikan bila memiliki versi corel dibawah atau diatas saya. Buat dahulu tulisan/text bebas menggunakan Text Tool. Bisa menggunakan 1 warna maupun gradasi warna seperti saya. Bila belum tau caranya membuat gradasi bisa baca dulu klik - DISINI -

Effek Mirror Tulisan menggunakan CorelDraw X7

Langkah Kedua

Setelah itu munculkan bar Transformation pada bilah sisi kanan dengan cara klik Arrange - Transformation - Scale and Mirror (Alt+9) seperti gambar dibawah ini.

Effek Mirror Tulisan menggunakan CorelDraw X7

Langkah Ketiga

Kemudian setelah muncul pada bar, klik settingan seperti gambar yang telah saya beri tanda & nomor warna merah dibawah. Setelah itu klik Apply dan jika berhasil maka akan tampak duplikasi objek di bawahnya (mirror kebawah).

Effek Mirror Tulisan menggunakan CorelDraw X7

Langkah Keempat

Yang terkhir agar memberi effek seperti bayangan pada mirror tersebut silahkan sobat klik terlebih dahulu mirror tulisan yang ada dibawah - klik Transparency Tool - klik & drag pada tulisan tersebut atur sesuai kebutuhan - Selesai.

Effek Mirror Tulisan menggunakan CorelDraw X7

Gimana sob mudah bukan hanya beberapa klik saja, bila sobat hanya menginginkan mirror efek saja maka lewati langkah ke empat diatas.

Caranya agar efek mirror ke samping kanan kiri atau atas bagaimana ?? sobat dapat ubah pengaturanya pada Langkah Ketiga no.3 klik diatasnya yaitu sumbu X dan atur mau mirror ke kanan atau kiri pada no.4, sumbu Y untuk mirror ke atas atau bawah. Cara ini juga dapat sobat terapkan di gambar foto juga.

Sekian tutorial yang saya buat kali ini tentang cara membuat Effek Mirror pada tulisan maupun foto dengan CorelDraw X7. Jangan lupa untuk share & bookmark bila diperlukan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Membuat Effek Mirror pada Tulisan dengan CorelDraw X7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close