Membuat Efek Pancaran Sinar Dengan Polygon Tool | CorelDraw

Zona Tutorial - Lanjut lagi dengan tutorial CorelDraw. Pernahkan sobat melihat banner atau desain poster yang bentuknya seperti efek pancara sinar matahari ? atau ingin mengetahui cara untuk membuat suatu background dengan latar gradasi yang kontras itu, istilahnya blang-blang kayak iklan permen itu sob. Ya, efek ini umum digunakan sebagai desain dasar atau background dari sebuah poster, banner, cover majalah dan lain sebagainya, biasanya untuk efek pancaran matahari.

Penyebutan istilah efek ini sendiri saya kurang begitu paham sob :D. Kalau saya menyebutnya dengan efek polygon karena memang dibuat dari Polygon Tools, mungkin ada yang paham ini efek apa bisa sobat beri masukan pada kolom komentar dibawah. Tapi terlepas dari apa istilah namanya yang jelas sobat dapat membuatnya dan dapat mengaplikasikanya pada desain buatan sobat. Mari langsung saja simak langkah-langkah berikut ini. Pada tutorial ini saya menggunakan CorelDraw X7.

Cara Membuat Effek Pancaran Sinar menggunakan Polygon di CorelDraw X7

Langkah Pertama

Buka lembar kerja baru pada CorelDraw, setelah itu klik Polygon Tool kemudian beri jumlah jari-jari polygon yang nantinya akan dibuat misalkan 30, jika sudah tekan Ctrl pada keyboard sambil klik drag agar bentuk objek polygon membulat sempurna.

Membuat Efek Pancaran Sinar Dengan Polygon Tool | CorelDraw

Langkah Kedua

Zoom garis dengan scroll mouse untuk memperbesar garis polygon selanjutnya pilih Shape Tool, klik 2 kali pada tengah-tengah dari ¼ garis yang ada hingga membentuk point baru. Seperti gambar dibawah ini.

Membuat Efek Pancaran Sinar Dengan Polygon Tool | CorelDraw

Langkah Ketiga

Drag titik point yang telah dibuat tadi menuju ke tengah hingga semua mengerucut dan bertemu pada satu titik yang sama.

Membuat Efek Pancaran Sinar Dengan Polygon Tool | CorelDraw

Langkah Keempat

Selanjutnya beri warna pada jari-jari polygon sesuai dengan yang di inginkan, pada contoh ini saya menggunakan warna pink, caranya klik dahulu polygon (no.1) kemudian beri warna dengan cara klik kanan pada pallete warna dan hilangkan border hitam dengan klik kiri (no.3), selanjutnya buat kotak dengan Rectangle Tool (no.4) seleksi pada polygon dan beri warna klik kiri (no.6) maka hasilnya akan seperti (no.7) pada gambar dibawah ini.

Membuat Efek Pancaran Sinar Dengan Polygon Tool | CorelDraw

Langkah Kelima

Jika sudah sobat bisa klik kanan pada polygon lalu pilih PowerClip Inside. Kemudian arahkan kursor ke bagian rectangle atau kotak yang berwarna orange tersebut.

Membuat Efek Pancaran Sinar Dengan Polygon Tool | CorelDraw

Langkah Keenam

Maka antara objek polygon dengan kotak akan menyatu seperti gambar dibawah, jika sobat ingin meng edit warna atau menambahkan gradasi tinggal klik kanan pilih Extract Content untuk memecah perbagian kembali.

Membuat Efek Pancaran Sinar Dengan Polygon Tool | CorelDraw

Selesai, sobat dapat ubah-ubah seperti memberi transisi transparency atau efek-efek lainya dan gabungkan dengan desain lain untuk menciptakan karakter desain yang berbeda dan unik sesuai dengan kreatifitas dan ide yang sobat miliki.

NOTE : Pada langkah nomor 5 sobat juga bisa menggunakan cara Select All / Ctrl + A kemudian pilih Intersect hingga menghasilkan potongan yang baru pada rectangle kemudian barulah beri warna pada masing-masing potongan.

Demikian enam langkah untuk tutorial membuat desain background efek pancaran cahaya menggunakan polygon tools versi saya dari beberapa cara yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian dan selamat mencoba..
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Efek Pancaran Sinar Dengan Polygon Tool | CorelDraw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close