3 Langkah Cara Mengunci File/Folder Dengan Password (WinRAR)

Zona Tutorial - WinRAR merupakan sebuah perangkat lunak shareware yang berfungsi untuk pengarsipan dan kompres data yang dibuat oleh Eugene Roshal (Wikipedia). WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas berbagai dari format menjadi format ZIP atau RAR. WinRAR ini tidak include dengan windows yang kita install, oleh karenanya sobat dapat memperolehnya melalui download di situs penyedia software pihak ketiga yang tersedia banyak refrensi di mesin pencarian google.

Karena perangkat lunak ini didistribusikan secara shareware maka siapa saja dapat menggunakannya secara bebas dengan masa aktif selama 40 hari (masa percobaan). Dengan menggunakan WinRar kita sekaligus dapat menghemat space pada storage kita karena rar ini dapat mengkompres hingga 40% dari ukuran file semula.

Disamping itu kita juga dapat mengunci atau memprotect file yang kira arsip tersebut dengan menggunakan password pada file yang dirasa pribadi agar terhidari dari tangan-tangan jahil seperti teman kosan pacar atau sanak keluarga wkwk, mari simak langkah-langkah berikut ini.

3 Langkah Cara Mengunci File/Folder Dengan Password (WinRAR)

3 Langkah Cara Menguci File/Folder Dengan Password WinRAR

Langkah Pertama

Pastikan sobat telah menginstall WinRAR, siapkan file yang akan di lock, jika terdiri dari beberapa file dapat dikumpulkan menjadi satu folder, kemudian klik kanan dan pilih ‘Add to archive

3 Langkah Cara Mengunci File/Folder Dengan Password (WinRAR)

Langkah Kedua

Maka akan muncul kotak dialog pegaturan, disini sobat dapat memilih apakah ingin menggunakan RAR atau ZIP untuk perbedaan keduanya dapat anda search di google, kemudian beri centang seperti pada gambar ini. jika sudah klik Set Password..

3 Langkah Cara Mengunci File/Folder Dengan Password (WinRAR)

Langkah Ketiga

Selanjutnya akan muncul pop up kembali untuk mengcreate password, dan jangan lupa untuk memberi centang Encrypt File Name, sebelum di ok pastikan anda mengingat pass yang telah dibuat dan bila perlu dicatat bila suatu saat lupa. Klik OK dan OK lagi - Selesai

3 Langkah Cara Mengunci File/Folder Dengan Password (WinRAR)

File/Folder akan ter ekstrak secara otomatis terkunci dan akan meminta password ketika hendak dibuka. Kegiatan ini dapat dilakukan baik pada file maupun folder. Dari beberapa cara untuk mengunci atau lock file yang dapat dilakukan memberi password pada rar ini termasuk popular dan umum digunakan karena kemudahan dan praktis oleh pengguna windows.

Meskipun tidak sepenuhnya terjamin keamananya karena dapat juga di bobol dengan teknik dan tools tertentu, maka disarankan untuk membuat password yang unik 8-12 karakter dengan campuran antara numeric alphabet dan symbol. Sehingga walaupun dapat dibobol dengan bruteforce tetapi akan sulit dan membutuhkan waktu yang sangat lama berhari-hari hingga berbulan untuk dapat memecahkan kode password yang rumit tersebut.

Itulah sedikit tips dari zona tutorial tentang cara 3 langkah untuk mengunci file atau folder dengan password rar yang dapat saya share kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

0 Response to "3 Langkah Cara Mengunci File/Folder Dengan Password (WinRAR)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel