Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Untuk Upload YouTube

Zona Tutorial - Kompres video seringkali dilakukan untuk memperkecil ukuran video yang biasanya besar setelah di render, jika sobat senang bermain video editor atau mungkin juga dari kamera perekam baik dari DSLR atau kamera smartphone. Dengan durasi video yang sebentar dan ukuran video yang besar rasanya kurang efisien untuk kita upload ke dalam channel youtube social media dan juga kedalam could storage kita.

Kegiatan mengkompres video juga berguna untuk mempercepat durasi upload video YouTube yang dibutuhkan, apalagi untuk sobat yang akan mengupload video dari hp Android atau iPhone dengan kuota data internet, pastinya dapat sekaligus menghemat kuota data kita bukan.


Software Tambahan untuk Kompres Video YouTube?


Ya, kita akan menggunakan software tambahan pihak ketiga bernama HandBrake, apa itu HandBrake ? Rem Tangan ? bukan sob ini software yang nantinya akan digunakan untuk meng kompres/memperkecil video kita. Sekilas aplikasi ini memang tampak tidak meyakinkan, dari namanya dan juga gambar icon shortcut nya karena bergambar minuman buah & nanas akan tetapi dibalik itu aplikasi ini sangatlah berguna dan membantu sob. Beberapa keunggulanya adalah sebagai berikut.

  • Software ini dapat mengkonversi video dalam berbagai format diantaranya mp4, mkv, avi, wmv dll
  • Gratis!!! dan Open Source Sob dapat di download - DI SINI -
  • Ukuran aplikasi relative kecil karena hanya sekitar 15 Mb.
  • Multi platform dapat digunakan pada Windows, Mac OS dan juga Linux


Apakah Kompres Video Akan Menurunkan Kualitas Hasil Video?


Semua aktifitas kompres video di Hp maupun komputer pasti akan menurunkan kualitas grafis video, tetapi selama sobat mengatur pada parameter yang ideal akan menghasilkan hasil compress video terbaik dengan hampir tidak ada pengurangan kualitas visual pada video kita di YouTube. Lalu bagaimana caranya untuk mengkompres/memperkecil video tanpa mengurangi kualitas dari video ini? berikut simak langkah-langkahnya.


Tutorial Kompres Video YouTube


Langkah Pertama

Pastikan sobat telah download dan instal HandBrake seperti biasa dan telah menginstal .NET Framework 4 bila belum sobat tinggal koneksikan perangkat sobat dengan internet dan akan mengunduh secara streaming saat instalasi HandBrake berjalan. Kemuadian klik 2 kali pada HandBrake yang telah terpasang klik Open Source maka akan dihadapkan pilihan file atau folder kemudian pilih file video anda yang akan di kompres.

Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Untuk Upload di YouTube

Langkah Kedua

Tentukan Destinasi/Lokasi folder untuk Output hasil video yang telah di kompres dengan cara klik ‘Browse’ dan beri nama sesuai keinginan. Secara default hasil video akan di arahkan ke folder yang sama namun perhatikan dan bedakan nama filenya.

Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Untuk Upload di YouTube

Langkah Ketiga

Pilih Tab Picture - Untuk upload video di YouTube umumnya Full HD 1920 x 1080 Pada Preset General Pilih fast 1080p30 (kecuali anda memang ingin mengubah resolusi pixel dibawah itu). Kemudian agar ukuran video tetap sesuai aslinya pada Cropping - pastikan di set 0 untuk Top, Left, Right, Bottom. Bila belum 0 silahkah klik Custom dan atur semua menjadi 0.

Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Untuk Upload di YouTube

Langkah Keempat

Pilih Tab Video - Pada Video Codec biarkan default ‘H.264(x264)’ yang terpenting disini adalah atur bagian Quality (Constant Quality) dimana semakin di geser ke kiri / angkanya semakin tinggi maka ukuran video semakin kecil dengan Kualitas Visual yang semakin terkompres pula.

Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Untuk Upload di YouTube

Maka untuk menghasilkan hasil kompresan terbaik dengan tingkat kualitas video yang masih terjaga saya sarankan mengatur pada rentang angka 24-30 pada Constant Quality. Jika sudah klik ‘Start Encode’ – tunggu hingga proses selesai.

Lakukan ubahan pengaturan di 2 tab itu saja, setelah selesai buka folder tempat destinasi file output tadi dan liat hasilnya dari ukuran akan terlihat selisih sangat banyak dan lihat juga perbedaan kualitas video nya yang terlihat tidak jauh berbeda dengan ukuran pixel yang sama. Disini seperti yang saya lakukan pada video file ukuran 600Mb menjadi 199Mb pada nilai Quality 24 cukup signifikan bukan.

Jika belum puas silahkan lakukan perubahan pengaturan Costant Quality yang berbeda hingga memperoleh hasil kompres yang terbaik, semoga bermanfaat dan selamat mencoba..
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Response to "Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Untuk Upload YouTube"

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close