Tutorial Membuat Bendera Berkibar Menggunakan CorelDraw X7

ZOTUTORIAL.com - Kembali lagi dengan informasi tutorial seputar CorelDraw. Bendera merupakan sepotong kain dengan bentuk segi empat yang digunakan sebagai lambang suatu Negara. Umumnya bendera akan berkibar saat terkena tiupan angin, bagaimana jadinya bila kita ingin membuat efek bendera berkibar dengan software design? ya, ini yang akan kita bahas dan akan saya berikan tutorialnya sesuai judul diatas, yaitu tentang tutorial membuat bendera berkibar dengan menggunakan CorelDraw.

Sebelum kita masuk ke bahasan topik mari kita telaah lebih lanjut mengenai efek bendera 2D dengan 3D. Membuat efek bendera berkibar memang susah-susah gampang dan dapat dilakukan dengan beragam cara yang dapat di terapkan, mulai dari membuat pola bendera dan pemberian warna dasar sehingga membentuk bendera 2D. 

Tapi tutorial yang akan saya bagikan kali ini efek 3D untuk bendera berkibar dengan menggunakan tool Extrusion Lighting. Mari langsung saja simak langkah-langkah tutorial berikut dengan teliti, agar hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Tutorial Membuat Bendera Dengan Menggunakan CorelDraw X7
Bendera Indonesia

Tutorial Membuat Bendera Berkibar Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Pertama
Siapkan niat dan waktu untuk membuat :D Buka coreldraw anda dan buat lembar kerja baru, setelah itu buat garis bergelombang dengan menggunakan B-Spline Tool. Sobat dapat juga membuat garis dengan tools serupa, misalnya Freehand Tool, Bezier Tool dan lainya, pola gelombang ini yang nantinya akan membentuk kibaran bendera, jadi sebaiknya bikin senatural mungkin. Selanjutnya klik Extrude Tool.

Tutorial Membuat Bendera Dengan Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Kedua
Setelah itu klik pada garis, Klik kiri tahan dan seret ke bawah (Drag and Drop) secukupnya dan lepas (No 1). Kemudian klik Extrusion Type pada warna merah (kotak nomor 2) seperti gambar dibawah ini, klik gambar untuk memperbesar.

Tutorial Membuat Bendera Dengan Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Ketiga
Maka akan tampak seperti berikut ini, yang tadinya memanjang kebelakang, menjadi memanjang kebawah. Selanjurnya beri warna merah, dengan cara Klik Kiri palet warna merah pada sisi kanan Coreldraw.

Tutorial Membuat Bendera Dengan Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Keempat
Kemudian klik tool Extrusion Lighting (Icon bolam lampu) seperti dibawah ini, dan klik nomor bolam lampu secara berurutan, misalnya klik bolam 1 maka akan muncul bulatan nomor 1 pada kubus, selanjutnya geser-geser ke ujung titik pertemuan sudut dalam garis kotak. Lakukan hal yang sama pada bolam no 2 dan 3 hingga seperti pada gambar dibawah ini. Atur juga intensity nya hingga warna tidak terlalu pudar atau pekat.

Tutorial Membuat Bendera Dengan Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Kelima
Setelah itu duplikat atau gandakan objek tersebut dengan cara klik objek kemudian CTRL+D. Letakan pada bagian bawah. Ubah warnanya menjadi putih dengan cara (Klik Kiri) pada palet warna putih.

Tutorial Membuat Bendera Dengan Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Keenam
Hilangkan Garis hitam pada tepian bendera dengan cara seleksi semua objek/CTRL+A kemudian (Klik Kanan) pada palet warna dengan kotak silang (X) di dalamnya. Jika telah hilang scroll zoom kemudian rekatkan atau geser bendera warna putih dengan bendera warna merah di atasnya hingga presisi (Geser menggunakan tanda arah di keyboard), setelah itu seleksi semua group Object CTRL+G.

Tutorial Membuat Bendera Dengan Menggunakan CorelDraw X7

Selesai, selanjutnya sobat dapat meng Ekport hasil gambar dalam PNG atau format pendukung lainya sesuai kebutuhan.

Note : Natural atau tidaknya warna bendera di tentukan pada (langkah Keempat), bentuk garis juga mempengaruhi posisi letak bulatan nomor pada garis kubus, sehingga sobat dapat atur sendiri dengan menggeser bulatan No 1,2,3 hingga sesuai keadaan atau warna yang diharapkan.

Demikian tutorial yang saya bagikan kali ini tentang cara membuat bendera berkibar dengan menggunakan CorelDraw X7, sobat tentunya dapat ber eksperimen bengan membuat bendera yang lebih bagus dari contoh diatas. Jangan lupa share atau bookmark bila dirasa penting, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Membuat Bendera Berkibar Menggunakan CorelDraw X7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close