Tutorial Membuat Shortcut Ping Jaringan Internet dan Fungsinya

Zona Tutorial - Berselancar di internet dengan koneksi yang stabil dan lancar tanpa kendala merupakan sesuatu yang istimewa di era-digital saat ini. sehingga tak heran jika kalangan yang melek teknologi maupun generasi milenial sangat betah berlama-lama di depan komputernya atau gadget yang dimiliki. Entah membuka social media, membaca dan mencari artikel maupun yang asik menulis untuk membagikan konten yang bermanfaat kepada para pembaca.

Tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana penggunaan dan membuat Ping pada koneksi jaringan internet kita, ping sendiri biasanya kita operasikan melalui CMD namun agar tidak perlu repot mengetikan perintah setiap kali kita ingin menggunakan, ping jaringan ini akan saya implementasikan dalam bentuk shortcut. Kegiatan ini biasa dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui status koneksi kita terhadap jaringan internet, apakah Request Time Out (RTO), Destination host Unreachable, atau Reply From, tetapi sebenarnya apa sih manfaat dan fungsi kegunaan dari nge-ping pada komputer pc atau laptop kita? Biar tidak membingungkan akan saya jelaskan sedikit tentang pengetahuan tersebut.

Pengertian CMD Windows dan Fungsi Ping Jaringan Internet :

Apa sih CMD itu ?

CMD adalah singkatan dari Command Prompt dimana CMD merupakan sebuah fitur perintah DOS yang tersedia di system operasi windows. Resminya disebut Windows Command Processor dan terkadang disebut Command Shell atau menyebut dengan istilah cmd.exe.
Fungsi CMD sendiri umumnya digunakan untuk menjalankan suatu perintah dan menjalankan file batch, melakukan beberapa fungsi administrasi dan dapat memecahkan berbagai kendala pada windows. Kalau di linux bisa di sebut dengan terminal. Cara membuka CMD cukup mudah, CMD dapat diakses melalui search yang berada di Menu Start Windows atau bisa dengan melalui RUN (Logo Windows + R) lalu ketik cmd dan enter.

Apa sih Ping itu ?

Ping dalam jaringan komputer singkatan adalah Packet Internet Groper yaitu suatu aplikasi utilitas yang disediakan oleh microsoft windows yang berfungsi untuk memeriksa koneksi jaringan dengan berbasis transmision control protocol/internet Protocol(TCP/IP).

Ping digunakan untuk memastikan apakah protokol internet komputer yang satu dengan yang lainnya telah terhubung dalam satu jaringan atau belum, caranya dengan mengirimkan sebuah paket ke komputer lain dengan cara melakukan ping address melalui alamat IP komputer yang dituju, kemudian menunggu respon balik dari komputer tujuan. Jika menampilkan hasil Request Time Out (RTO) berarti koneksi antara computer - computer atau computer ke server tersebut tidak stabil. Kualitas koneksi dapat kita review dari besarnya waktu Round Trip (pergi-pulang)  dan besarnya jumlah Packet Loss (paket yang hilang), Sehingga ping dapat digunakan agar koneksi bisa lebih stabil.


Cara Melakukan Ping Pada Umumnya :

Sebagai contoh saya akan melakukan ping pada server google dalam hal ini blog saya, caranya cukup masukan IP/address yang akan kita test koneksinya. Contoh :

Dalam bentuk Address :
ping zotutorial.blogspot.com -t atau bisa juga ping zotutorial.blogspot.com -t -l 10

Dalam bentuk IP :
ping 172.217.20.65 -t atau bisa juga ping 172.217.20.65 -t -l 10

1. Buka RUN atau Logo Windows +R pada keyboard.

Membuat Shortcut Ping Jaringan Internet dan Fungsinya

2. Maukan perintah diatas ke dalam form tersebut dan enter - maka akan dijalankan melalui CMD.

Membuat Shortcut Ping Jaringan Internet dan Fungsinya

- Time : Semakin kecil nilai time, semakin bagus pula kualitas koneksi internet.
- TTL ( Time To Live ) : waktu maksimum dari komputer saat mereply paket ICMP.

NOTE :
-t diakhir berfungsi agar ping tetap berjalan, sedangkan jika tidak menggunakan -t ping hanya akan berjalan untuk 3x (tiga kali) respon saja. -l merupakan jumlah bytes.
Apabila sudah berjalan dan muncul tampilan CMD jangan close di minimize saja. kecuali sobat ingin mengakhiri.

Tutorial Membuat Shortcut Auto Ping :

1. Klik Kanan pada desktop windows - pilih New - Shortcut.
2. Didalam kotak yang tersedia isi dengan : cmd /k ping situs/serveryangdituju.com -t

Membuat Shortcut Ping Jaringan Internet dan Fungsinya

3. Klik Next dan beri nama sesuai keinginan di form yang tersedia misalkan : Ping Koneksi
4. Klik Finish dan siap dicoba.

Membuat Shortcut Ping Jaringan Internet dan Fungsinya


Secara default apabila sobat tidak memasukan perintah -l makan akan mengirimkan paket data sejumlah 32 bytes, namun bila menambahkan - l 5 misalnya berarti mengirimkan sejumlah "5" bytes. Nominal 5 dapat anda ganti sesuai keinginan.

Sekian tutorial kali ini tentang cara membuat shortcut auto ping jaringan internet pada os windows, perlu di ingat bahwa cara ini tidak sepenuhnya menjamin koneksi bisa benar-benar lancar tanpa kendala, karena ada banyak factor didalam sebuah jaringan mulai dari kualitas sinyal di daerah, kemampuan server dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan selamat mencoba…

0 Response to "Tutorial Membuat Shortcut Ping Jaringan Internet dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel