Cara Paling Aman Mengunci Data Flashdisk (Lock FD)

Zona Tutorial - Kembali lagi bersama zonanya seputar IT, Flashdisk merupakan media penyimpanan portable yang sangat umum digunakan oleh semua kalangan. Terkadang seseorang menggunakan flashdisk ini sebagai tempat menyimpan data hanya sementara tetapi ada juga yang membeli beberapa flashdisk untuk backup sejumlah data guna menggantikan media penyimpanan CD-R/CD-RW yang kini mulai ditinggalkan.

Kali ini saya akan bahas masalah privasi dan keamanan data, anda semua pastinya tidak menginginkan data pribadi anda dapat diakses oleh sembarang orang bukan, kecuali anda yang memang menghendakinya. Mulai dari data-data keperluan sekolah, skripsi, project kerjaan, koleksi Film 3gp terbaru, foto-foto bersama mantan kenangan sanak family, rekan kerja kita selama bertahun yang kita kumpulkan. Namum bagaimana jadinya bila data pada flashdisk kita jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, semisal kita lupa menaruh flashdisk kita, tertinggal di foto copyan, warnet atau barang kali hilang entah kemana. Tentu kita tidak menginginkan data-data tersebut diakses dan disalah gunakan orang lain.

Lalu bagaimana solusinya jika kita ingin mengantisipasi tindakan ini dan lebih memilih untuk mengamankan data dalam flashdisk tersebut agar tetap aman dan tidak ada kekhawatiran bila hilang atau jatuh ke tangan orang lain, pastinya bikin galau sob. Karena itulah akan saya bagikan cara paling aman mengunci data flashdisk yaitu dengan menggunakan BitLocker To Go apikasi bawaan dari windows.

Apasih BitLocker Drive Encryption Itu ?

BitLocker adalah sebuah fitur enkripsi bawaan yang terdapat di dalam operating system (Minimal) Microsoft Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2008 yang didesain untuk melindungi data dengan melakukan enkripsi terhadap keseluruhan sector. Secara default, BitLocker Encryption menggunakan algoritma AES dalam mode Code Block Chaining (CBC) dengan panjang kunci 128-bit, yang digabungkan dengan Elephant diffuser untuk meningkatkan keamanannya.

Apa Enskripsi AES itu ?

Dalam kriptografi atau disebut Advanced Encryption Standard (AES) merupakan standar enkripsi dengan kunci-simetris yang diadopsi oleh pemerintah Amerika Serikat. Standar ini terdiri atas 3 blok cipher, yaitu AES-128, AES-192 dan AES-256 yang diadopsi dari koleksi yang lebih besar yang awalnya diterbitkan sebagai Rijndael. Masing-masing cipher memiliki ukuran 128-bit, dengan ukuran kunci masing-masing 128, 192, dan 256 bit. AES telah dianalisis secara luas dan banyak digunakan di seluruh dunia untuk berbagai kepentingan, seperti halnya dengan pendahulunya (DES) Data Encryption Standard.

Tutorial Cara Menggunakan BitLocker Untuk Mengunci data FlashDisk :

Pada contoh kali ini saya menggunakan flashdisk Toshiba 8Gb dengan system operasi windows 8.1.
1. Klik kanan pada Flashdisk yang akan di protect lalu pilih Turn BitLocker On.

Cara Paling Aman Mengunci Data Flashdisk (Lock FD)

2. Kemudian akan muncul tampilan kotak form dengan memberi centang “Use The Password To Unlock The Drive” lalu meng-create password - setelah itu klik next.

Cara Paling Aman Mengunci Data Flashdisk (Lock FD)

3. Setelah itu akan di tampilkan 3 pilihan “Save Your Microsoft Account”, “Save To a File” dan “print the recovery key” - pilih Save to a file untuk menyimpan recovery key apabila anda lupa dengan password anda bisa memulihkan dengan key ini. dan taruh pada directory yang paling aman atau sobat dapat print recovery key tersebut.

Cara Paling Aman Mengunci Data Flashdisk (Lock FD)

4. Setelah itu kita next dan muncul pilihan lagi “Encrypt used disk space only (faster and best for new PCs and drives” dan “Encrypt entrie drive (slower but best for PCs and drives already in use)” direkomendasikan untuk menggunakan yang “Encrypt Entrie Drive” - setelah itu start encrypting - dan tunggu hingga proses selesai. Klik untuk memperbesar gambar.

Cara Paling Aman Mengunci Data Flashdisk (Lock FD)

5. Setelah proses selesai lalu lihat apakah gambar gembok terbuka atau tertutup, jika terbuka coba eject lalu tancapkan lagi dan lihat gembok terkunci - untuk mencobanya klik 2 kali lalu masukan password yang sudah anda buat.

Cara Paling Aman Mengunci Data Flashdisk (Lock FD)

Apakah jika kunci sudah terbuka kita dapat meng create, read, update, delete seluruh data di dalam flashdisk kita termasuk meng copy paste data keluar atau masuk ? tentu saja bisa. Untuk meng lock kembali sobat tinggal meng eject seperti biasa. apabila sobat lupa password dapat memulihkan melalui klik kanan pada flashdisk dan manage bitlocker kemudian masukan key recovery yang anda simpan.

Cara mengunci data dengan enskripsi bitlocker ini adalah cara yang paling aman menurut saya, karena data akan di Enskripsi secara menyeluruh. Disamping mudah dalam menggunakan fitur, BitLocker Drive Encryption ini pun tersedia include pada windows sehingga tidak perlu menginstal software lain dari pihak ketiga. Pada Windows 7, perangkat lunak ini hanya tersedia (include) di edisi Ultimate dan Enterprise. BitLocker To Go Saat ini telah mendukung drive dengan format NTFS, FAT32, FAT dan exFAT.

Cara tersebut diatas juga dapat diterapkan pada partisi hardisk baik hardisk internal maupun eksternal dengan cara penggunaan yang sama. Sekian tutorial kali ini tentang cara paling aman dan mudah mengunci data flashdisk, semoga bermanfaat untuk sobat blogger dan selamat mencoba...

0 Response to "Cara Paling Aman Mengunci Data Flashdisk (Lock FD) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel