Fungsi Timer di WhatsApp, Fitur Chat Hilang Otomatis?

ZOTUTORIAL.com - Fungsi timer pada whatsApp adalah untuk memberi selang jeda waktu sebelum akhirnya riwayat Chat WA beserta semua riwayat lampiran dokumen, voice note, video dan foto akan hilang secara permanet baik si pengirim dan penerima chat WhatsApp, sehingga dari baik penerima dan pengirim chat WA tidak lagi memiliki akses untuk membuka jejak komunikasi tersebut.

Pengaturan timer ‘Pesan Sementara’ ini dapat diatur mulai dari 24 Jam, 7 Hari, 90 Hari dan off dengan setingan default ada di mode OFF atau mati. Ciri dari diaktifkanya mode Pesan Sementara pada WA adalah adanya icon atau tanda timer pada foto lawan chat WA kita.

Baik si penerima maupun pengirim dapat dengan mudah mengatur timer message ini tak terkecuali timer pada pesan grup WA. Hanya saja yang bisa mengubah setingan pesan sementara pada grup WA adalah admin.

Fungsi Timer di WhatsApp dan Cara Mengaktifkan

Cara Penggunaan Timer WA (Disappearing Messages)


Adapun cara untuk menggunakan penghancur chat whatsapp secara otomatis ini pengguna WA dapat mengatur secara individu yaitu tergantung kebutuhan tiap orang, karena secara defaulf Disappearing Messages pada posisi OFF.

Jadi anda bisa antur hanya untuk orang tertentu atau grup WhatsApp tertentu saja caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp anda
  • Cari kontak WA yang akan di timer dan klik gambarnya
  • Kemudian pilih information atau ikon (i) untuk masuk ke profil kontak
  • Scroll kebawah dan temukan Disappearing Messages lalu tekan
  • Atur durasi waktu hapus chat otomatis akan bekerja

Misalkan Anda memilih 24 jam berati chat akan otomatis terhapus 24 jam sejak anda menghidupkan timer WA tersebut

Chat WA tidak akan terhapus otomatis untuk pengirim dan penerima chat sebelum anda mengaktifkanya, jadi misalkan Anda baru mengaktifkan sekarang, maka chat sebelum anda mengaktifkan timer masih dapat tersimpan oleh si penerima chat, kecuali si penerima chat menghapus riwayat chat pribadi tersebut.


Mengaktifkan Timer WA di Whatsapp Grup


Pada WhatsApp group anda tidak bisa mengaktifkan timer whatsapp otomatis apabila status anda sebagai anggota grup atau member, karena untuk bisa mengaktifkan fitur message timer di Whatsapp grup hanyalah admin grup, maka anda harus diangkat menjadi Admin grup WA sebelum bisa mengaktifkan hapus otomatis ini atau meminta anggota admin yang mengaktifkan timernya.


Cara Menonaktifkan Timer WhatsApp otomatis


Apabila anda ingin mematikan fungsi pesan sementara Whatsapp maka Anda tinggal pergi ke setingan message timer dan switch pada posisi OFF.

Penggunaan timer sendiri dirasa penting untuk Anda yang bergabung pada grup wa tertentu agar tidak membebani ponsel dengan banyaknya chat dan foto video yang usang. Selain itu jika pada WA japri untuk menghindari kesalahpahaman pada salah satu pihak penerima pesan WhatsApp, maupun penyebaran informasi dari isi chat WA tersebut.

Segala penggunaan timer wa ini diluar dari tanggung jawab penulis karena dapat dimungkinkan pesan whatsapp yang bersifat penting dapat terhapus secara otomatis. Oleh karena itu anda dapat berpikir lebih lanjut dari penggunaan pesan destroy otomatis pada whatsapp ini baik pada chat jalur pribadi maupun WA group.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Fungsi Timer di WhatsApp, Fitur Chat Hilang Otomatis?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close