Cara Edit Video di HP Android Xiaomi & POCO tanpa instal Aplikasi

ZOTUTORIAL.com - Membuat konten video untuk story Instagram dan TikTok bisa dilakukan hanya dengan HP Android yang kamu gunakan. Hal ini sangat memungkinkan pengguna smartphone berkreatifitas membuat video tanpa menginstal aplikasi edit video tambahan dari PlayStore atau tanpa menggunakan tools editing video online dari web penyedia video maker.

Membuat video Content Creator atau digital creator lewat HP android sangat mudah dan tanpa lagi ribet lagi mengedit video menggunakan aplikasi dekstop seperti adobe premier pro, filmora atau vegas pro, kecuali Anda memerlukan efek video tambahan yang profesional.

Dengan berbekal editor video di HP Android Xiaomi redmi, kamu bisa mengedit video dengan memanfaatkan fitur gratis bawaan HP android Xiaomi baik redmi, redmi note, Mi dan POCO yang telah include dalam MIUI maupun HyperOS terbaru sobat. Dengan editor video bawaan HP ini pula anda bisa menyematkan dan memberi transisi, soundtrack, text dan efek filter video secara gratis!.

Baik buruk nya kualitas konten video juga bergantung dari settingan awal video saat merekam dan juga hardware video processing seperti adanya stabilizer pada kamera HP seperti OIS (Optical Image Stabilization) atau EIS (Electronic Image Stabilization) agar video tidak getar, dan setingan kamera Ultra WideView 0.5 - 0.6 untuk jangkauan rekaman yang lebih lebar dan luas. 

HP yang memiliki setingan dan harware tersebut umumnya ada pada HP Android kelas Middle - Flagship dan juga iPhone. Namun anda pengguna HP Android tak perlu buru-buru upgrade smartphone untuk membuat konten video yang bagus, karena kamu bisa memaksimalkan gadget yang ada dahulu.


Tutorial Edit Video di HP Xiaomi / POCO


Pembuatan konten video biasa diawali dari rekaman dan di lanjut pengeditan video, kamu lakukan melalui serangkaian proses video seperti pemotongan video (cut), penyisipan soundtrack, penambahan efek filter dan add text, kemudian eksport untuk render video hasil editing, yang kesemuanya kini bisa kamu lakukan di smartphone android terutama xiaomi seperti pada pembahasan kali ini, sebagai berikut:


Penyesuaikan Aspek Rasio Video


Untuk mengawali pembuatan konten video, anda perlu mengawali dengan memikirkan format dari sisi aspek rasio video seperti video landscape (tidur) atau potrait (berdiri) dan untuk kebutuhan upload video di aplikasi mana.

Untuk keperluan konten reels Instagram, Video Facebook Reels, WhatsApp Story, Youtube Short, Video Tiktok yang digunakan adalah jenis Potrait dengan skala 9:16 , 3:4 dan 1:1 ketiga rasio frame ini cocok untuk media sosial.

Sedangkan format rasio landscape atau video tidur horisontal, adalah video yang cocok untuk konten Video Youtube dengan aspek rasio video 16:9 secara default.

Caranya adalah dengan klik Aspek ratio pada video dan sesuaikan pengaturan dengan kebutuhan, maka otomatis video ter crop sesuai dengan ratio yang dipilih.

Cara Edit Video di HP Android Xiaomi Gratis


Menggabungkan 2 Video atau Lebih di HP Xiaomi & POCO


Saat membuat video pastinya membutuhkan beberapa take footage video yang kemudian digabungkan menjadi 1 video untuk di posting, nah merger video di hp android bisa dilakukan sekaligus saat pengeditan video caranya adalah:

  • Buka Galeri HP Android anda 
  • Tekan tahan 1 video footage yang akan anda gabungkan
  • Centang juga beberapa video lain yang akan di gabungkan
  • Pada menu bagian bawah pilih ‘Creativity
  • Kemudian pilih Video Editor
  • Video anda sudah ada dalam timeline Editor.
  • Jika tidak ada editan lain anda bisa langsung Save/Simpan

Cara Edit Video di HP Xiaomi menggabungkan video


Cara Potong Video di HP Android Xiaomi Redmi/Note/POCO


Untuk potong video yang hanya ingin di tampilkan sekaligus memperpendek durasi waktu footage yang di inginkan makan cutting video wajib untuk dilakukan, caranya adalah dengan berikut:

  • Masuk pada Video Editor dan menu Editor
  • Video akan muncul pada time line (paling atas)
  • Klik salah satu video yang akan di potong hingga menjadi Kuning
  • Lalu tarik bagian sisi kanan atau kiri dari video yang akan di Cut
  • Klik tanda centang untuk setiap pilihan

Cara Edit Video di HP Xiaomi potong, memberi text dan soundtrack


Cara Memberi Soundtrack Musik di Video lewat HP Xiaomi


Setelah itu kamu bisa menyisipkan musik seperti halnya pemberian sound card pada time line, dengan cara berikut:

  • Pada menu Editor pilih ikon Nada musik
  • Berada dibaris ke-3 dari atas pada time line
  • Maka akan muncul daftar soundtrack
  • Bisa juga mengambil musik dari device hp anda
  • Akhiri dengan tanda centang


Cara Menambahkan Text Pada Video lewat HP


Pemberian teks untuk video ini sangat penting sebagai pemberi keterangan namuan juga optional dilakukan karena teks yang di tampilkan kecil dan tidak bisa di atur letaknya caranya adalah:

  • Pada menu Editor pilih ikon T plus
  • Berada dibaris ke-2 dari atas pada time line
  • Maka akan muncul text atau credit
  • Pilih add text dan tuliskan apa yang ingin di tampilkan
  • Maksimal 30 karakter teks
  • Bisa juga merubah style font dan lama durasi teks muncul
  • Akhiri dengan tanda centang

Menyisipkan Transisi Video di HP Android


Cara menyisipkan transisi diantara footage video bisa anda lakukan dengan cara berikut:

  • Scrol kesamping pada time line video
  • Klik kotak diantara dua video yang akan diberi transisi
  • Pilih transisi yang di inginkan seperti contoh transisi ‘Black Flash, Zoom in, Zoom Out
  • Klik tanda centang untuk menerapkan transisi

Cara Edit Video di HP Xiaomi POCO memberi Efek Transisi


Cara Export Video di HP Android setelah Edit


Jika pada setingan editing video di komputer anda mungkin perlu meng-export video dengan setingan yang bisa di sesuaikan, pada video editor bawaan android ini anda hanya cukup melakukan Simpan video atau Save kedalam device hp anda tanpa tambahan setingan lain.


Adapun untuk kekurangan dalam fitur editing video dari MIUI ini, yakini belum tersedianya pengaturan FPS (Frame Per Second) saat export/save hasil video. Dimana setingan yang digunakan adalah default dari setingan kamera video yang digunakan saat merekam.

Selain itu efek transisi lain video yang biasa disematkan diantara Footage Video masih kurang lengkap karena tidak ada transisi yang smooth seperti efek fade in video dan fade out video.

Sedangkan pada penggunaan template video instant yang telah di sediakan oleh editor video untuk membuat VT dan reels iG dengan ratio portrait ini tidak bisa di edit ulang secara manual pada posisi-posisi angle video mana yang pas untuk di tampilkan, tetapi gapapa karena sudah cukup membantu dengan adanya template ini.

Demikian editor video gratis dari Xiaomi yang bisa anda gunakan secara cuma-cuma, anda hanya perlu mendownload semua filter maupun efek nya menggunakan data internet anda secara gratis dan siap untuk digunakan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Edit Video di HP Android Xiaomi & POCO tanpa instal Aplikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close