Tutorial Menggunakan ChatGPT OpenAI di HP dan Laptop

ZOTUTORIAL.com - Kehadiran ChatGPT seolah menjadi ancaman bagi search engine konvensional seperti google search engine, bing, baidu, yahoo, DuckDuckGo dan mesin pencarian lainya. Karena hanya dengan memberikan pertanyaan atau hal yang ingin kamu tanyakan, maka secara instan bot ChatGPT akan menjawabnya secara instan. Hal ini membuat Google tidak tinggal diam dengan membuat pesaing ChatGPT bernama lamda.

Tutorial Menggunakan ChatGPT OpenAI di HP dan Laptop - zotutorial

Namun sebenarnya apasih ChatGPT itu sehingga sangat membantu dan membuat ketakutan akan hal di masa depan?


Apa ChatGPT itu


ChatGPT adalah mesin berbasis Artificial Intelegent (AI) atau bot kecerdasan buatan yang dirancang dari bahasa pemrograman agar bisa solve, feedback, jawaban dari masalah apa yang di tanyakan kepada mesin tersebut berbasis percakapan antara user dengan chat bot Ai tersebut.

ChatGPT sama halnya seperti sistem pakar dalam sistem yang lebih kompleks. Dimana jika system pakar akan memberi jawaban Ya atau Tidak dengan beberapa pertanyaaan yang dipilih user sehingga akan menghasilkan kesimpulan untuk si penanya dalam hal ini human sebagai user.

Sehingga dengan demikian Fungsi dari adanya ChatGPT merupakan suatu perkembangan dalam hal Ai yang memungkinkan manusia dapat mendapat informasi yang lebih baik, lebih akurat melalui chat bot tersebut. Tidak menutup kemungkinan kedepanya akan ada Ai serupa dengan memanfaatkan voice seperti halnya google assistant, hanya saja dapat mengetahui apasaja yang akan di tanyakan.


Apakah ChatGPT Gratis?


ChatGPT ini tersedia dalam 2 versi yaitu gratis dan berbayar dengan unlock fitur yang lebih untuk pengguna. Sehingga kamu bisa menggunakan versi gratisnya jadi pengguna bisa memanfaatkan ketersediaan fitur di dalamnya tanpa terkendalan fitur dan pembayaran.

Namun setelah pihak pengembang meluncurkan mode premium, ada beberapa fitur yang tak bisa digunakan. Bila ingin nyaman menggunakannya, pengguna diminta mengeluarkan dana untuk berlangganan di kisaran USD 20 atau sekitar Rp 300 ribu per bulan.

Sedangkan kedatangan versi berbayar bertajuk ChatGPT Plus ini sudah menyambangi Indonesia. Meskipun sebenarnya OpenAI sudah lebih dulu mendatangkannya pada 1 Februari 2023 lalu ke beberapa negara.


Tutorial Menggunakan ChatGPT di HP Android


  1. Buka dahulu browser di ponsel Android/IOS anda
  2. Ketik OpenAi atau alamat address di https://chat.openai.com/
  3. Perlu Login menggunakan gmail Anda
  4. Setelah itu cukup masukan pertanyaan atau perintah di kolom yang tersedia
  5. Selanjutnya kirim dan tunggu ChatGPT akan membalas pertanyaan anda. 
  6. Untuk tanggapan berbeda, bisa memilih opsi Try Again


Cara Menggunakan ChatGPT di Laptop/PC


  • Buka situs resmi ChatGPT di https://chat.openai.com/auth/login
  • Pilih opsi 'Sign up' untuk membuat akun baru atau 'Log in' jika telah memiliki akun
  • Input alamat email aktif anda untuk verifikasi
  • Setelah itu input nomor hp dan verifikasi nomor telepon yang dikirimkan lewat WA/SMS, kalian bisa melanjutkan proses pembuatan akun
  • Ada juga cara alternatif lain yaitu menggunakan akun Google atau Microsoft untuk membuat akun baru hanya dengan sekali klik
  • Setelah memiliki akun OpenAI, anda dapat mengakses ChatGPT
  • Ketik pesan atau pertanyaan yang ingin ditanyakan lewat kotak teks yang ada di bagian bawah, lalu klik tombol 'Send' di layar atau tekan tombol 'Enter' di keyboard
  • Bot Chat ini akan langsung memproses pertanyaan kalian dan akan menampilkannya di layar secara real time
  • Masukan pertanyaan anda menggunakan bahasa indonesia, maka otomatis jawaban juga akan bahasa indonesia

Demikian cara menggunakan ChatGPT di HP android, Iphone dan laptop bagi anda yang penasaran untuk mencobanya. Semoga informasinya bermanfaat dan bila ada yang ingin di tambahkan bisa tulis di kolom komentar.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Menggunakan ChatGPT OpenAI di HP dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close