Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Gaming, Office dan Browsing

ZOTUTORIAL.com – Laptop lemot saat digunakan sering dikeluhkan terutama pada jenis notebook entry level keluaran lama yang masih menggunakan processor Celleron, Atom dan Intel i generasi awal. Permasalahan laptop lambat sangat kompleks dan beragam faktor yang perlu dianalisa untuk setiap pengguna.

Sehingga penanganan terhadap laptop lemot bisa dilakukan dengan pengecekan secara menyeluruh baik di sisi hardware dan software laptop, pada artikel kali ini zotutorial memberi informasi yang bisa anda cermati lebih lanjut.

Cara Mengatasi Laptop Lemot


Cara Mengatasi Laptop Windows Lemot


Windows yang telah lama digunakan tanpa perawatan dan maintenance akan membuat menjadi lemot akibat masalah aplikasi yang semakin berat, dan dukungan hardware yang tidak memadai, processor yang panas akibat debu di fan procesor dan pasta thermal yang telah mengering.

Selain itu faktor software juga mempengaruhi kinerja laptop dan PC itu sendiri seperti junk file dan registry yang telah usang. Maka berikut beberapa tutorial yang bisa mengatasi laptop lemot Kembali jadi fast respon, diantaranya sebagai berikut:


Analisa dan Amati Task Manager Windows


Point pertama saat laptop terasa berat lemot atau hang cek aktifitas melalui Task Manager kamu bisa buka melalui tekan Ctrl+Alt+Del - pilih Task Manager. Amati program mana yang menyita banyak CPU maupun Disk.

Penggunaan 100% CPU dan DIsk saat laptop sedang idle dapat membuat hang ketika anda membuka program aplikasi, maka tidak jarang akan terasa lambat respon. Disini anda bisa matikan sementara aplikasi / layanan windows yang menyita banyak pemrosesan tersebut.

Lakukan klik aplikasi yang berjalan dan End task, umumnya service windows yang berjalan di latar belakang menyita banyak cpu dan disk sehingga tidak jarang akan membuat laptop lambat selain aplikasi Anti Virus.


Terlalu Banyak Tab Browser yang Terbuka


Saat menjalankan akses internet di browser, Tab jendela browser yang banyak terbuka dengan kapasitas memory RAM laptop sebesar 2GB-4GB tidak disarankan, sehingga pastikan sobat menutup atau mengurangi tab-tab yang tidak digunakan agar tidak membebani kinerja pemrosesan data anda. 

Selain itu membuka aplikasi lain secara bersamaan saat browser digunakan juga dapat menyebabkan lemot, seperti membuka Google Chrome bersamaan dengan Photoshop, Adobe Premier atau applikasi pemrosesan grafis lainya.


Membersihkian Cache & Riwayat History


Membersihkan Riwayat History dan Cache hal yang wajib dilakukan setidaknya minimal 2 hari sekali bila sering digunakan untuk googling. 

Caranya mudah hanya dengan tekan tombol Ctrl+H dan pilih Clear Browsing data. Pilih Advanced dan atur Time range: All time kemudian Clear data.


Gunakan Aplikasi Pembersih Utility Tools


Anda bisa Fix keluhan laptop lemot dan sering hang dengan aplikasi pembersih registry dan file sampah yang banyak tersedia seperti contoh CCleaner, Tune Up Windows, IObit Advanced SystemCare dan masih banyak lagi.

Selain dapat mengontrol otomatis penggunaan aplikasi utility windows dapat meringankan kinerja Windows akibat file sampah yang menumpuk, kesalahan dan error registry.


Downgrade Windows


Laptop spek keluaran lama intel i3/i5 generasi awal biasanya tetap bisa menjalankan Windows 10 dan Windows 11 no TPM, hanya saja ketika beberapa aplikasi telah terinstal akan terasa lambat dan kadang crash (not responding).

Coba beralih ke Windows 8.1 jika memungkinkan karena system operasi tersebut ringan baik secara booting dan kompatible dengan hardware dan driver laptop keluaran lama, meski begitu windows 8.1 akan segera berakhir untuk dukungan update patch oleh Microsoft pada awal tahun 2023 mendatang.


Updarade RAM dan SSD


Cara terakhir untuk meningkatkan kinerja laptop anda tanpa membeli notebook baru yang harganya mahal adalah upgrade kapasitas RAM dan ganti Hardisk HDD ke penyimpanan SSD (Solid-State Drive)

Upgrade RAM laptop bisa menjadi opsi kedua jika anda telah menggunakan RAM setidaknya 4Gb maka anda bisa memilih membeli SSD dahulu ketimbang RAM.

Penggunakan SSD dapat terasa signifikan untuk meningkatkan kinerja laptop jadul anda, baik sisi waktu booting yang cepat hingga buka tutup dan install aplikasi yang lebih responsif.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Lemot Saat Gaming, Office dan Browsing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel