Tutorial Membuat Tulisan Berdiri (Vertikal) di Word

ZOTUTORIAL.com - Pada tutorial ini adalah tentang bagaimana cara membuat tulisan berdiri di Word Office dimana fungsinya untuk menghemat space atau jarak ruangan pada lembar kertas dari dokument word yang sedang dibuat. Maka cara terbaik adalah memaksimalkan ruangan yang ada pada susunan tabel Microsoft Word 2013, 2016 dan 2019 yang Anda gunakan.

Tulisan miring pada word atau tulisan tegak vertikal ini biasanya dibutuhkan saat membuat beberapa jenis dokumen misalnya untuk jadwal kerja, shifting kerja, absensi, report harian (daily report), report bulanan dengan menggunakan tabel Microsoft Word.

Dimana pada posisi nama hari akan dibuat vertikal agar tabel menjadi efisien dan pas dengan kertas hvs dan isian kolom tabel cell dengan cara checklist atau tanda tangan. Selain hari bisa juga tabel tersebut memuat tulisan berdiri pada bulan januari, february dan seterusnya bahkan hingga tahun bisa dilakukan, tentunya tergantung kebutuhan dokumen apa yang akan anda buat.

Karena itu untuk anda yang sedang mengasah dan mendalami skill administrasi perkantoran maka Tutorial Membuat Tulisan Berdiri ini juga wajib anda ketahui, dan bagi Anda yang sedang bekerja di bagian Admin ini barang kali menjadi info penting untuk anda terapkan, ikuti langkah-langkah membuat tulisan berdiri seperti berikut ini.


Cara Membuat Tulisan Tegak di Word (Vertikal)


Berikut ini contoh cara membuat tabel shift kerja dengan Ms Word dengan tulisan hari yang tegak

Step 1
  • Buka lembar kerja baru pada Microsoft Word komputermu.
  • Pastikan sudah membuat desain atau rancangan tabel yang akan anda buat, sebagai contoh disini adalah tabel jadwal shift kerja per minggu.
  • Lebih detail baca disini cara membuat tabel di word.

Tutorial Membuat Tulisan Berdiri (Vertikal) di Word by zotutorial.com


Step 2
  • Isikan Hari/Bulan/Tahun pada tabel dan biarkan apa adanya dahulu.
  • Setelah itu buat seleksi semua bagian yang akan dibuat tegak tulisanya.
  • Lalu klik kanan pada mouse.

Tutorial Membuat Tulisan Teks Tegak di Word by zotutorial.com


Step 3
  • Selanjutnya Pilih Text Direction.
  • Dan akan muncul kotak dialog Text Direction – Table Cell.
  • Pilih seperti gambar berikut, huruf awal bisa dari bawah atau dari atas.
  • Jangan lupa klik OK maka tulisan akan berdiri tegak (vertikal)

Tutorial Membuat Tulisan Vertikal di Word by zotutorial.com


Selanjutnya Anda tinggal mengatur jarak antar kolom tabel shift agar sesuai dengan kebutuhan dan pastikan kotak tabel shifting muat jika diberi tulisan misalnya jam atau tulisan pagi, siang, sore.

Seperti yang sudah diketahui dalam membuat dokumen pastinya bisa menjadi beragam jenis sesuai dengan kebutuhan dokumen untuk apa yang sedang dibuat, mungkin bisa bulan, tahun, atau hari seperti contoh diatas.

Itulah sedikit tutorial yang kiranya bermanfaat untuk pembaca sekalian dalam membuat tabel dengan kata tegak berdiri, selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Membuat Tulisan Berdiri (Vertikal) di Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close