Settingan Awal Install Windows/Ubuntu di VirtualBox Terbaru

Zotutorial.com - Settingan awal install Linux atau Windows di VirtualBox. Media virtual sangat penting terutama untuk media pembelajaran basic juga bagi yang suka utak atik dan mempelajari bermacam macam OS tanpa mengganggu OS utama, yang akan saya bagikan kali ini yaitu tentang setingan awal sebelum Install ISO Windows/Linux di VirtualBox, seperti yang kita ketahui Oracle VM VirtualBox merupakan perangkat lunak virtual, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama".

Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi Windows 10 yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain seperti Linux Ubuntu, Kali Linux, Windows 11, Windows 8.1 dan OS lainya di dalam operating system utama yang sedang digunakan tersebut secara virtual atau simulasi.

Manfaat dan Fungsi dari install Windows dan Linux di VirtualBox adalah tidak mengacaukan sistem operasi utama yang sedang digunakan, seperti contohnya ketika OS yang di uji coba pada VirtualBox terkena mallware atau error karena suatu kesalahan registry, maka windows atau linux pada VirtualBox Anda sebagai induk sistem operasi utama tidak akan terganggu kinerjanya.

Hal ini memungkinkan Anda bebas ber eksperiment terhadap sistem operasi baru yang sedang Anda coba atau uji coba pada OS utama untuk suatu hal tanpa perlu membuat Dual Booting pada windows, atau tanpa memerlukan komputer lain untuk mencoba sistem operasi lainya.


Aplikasi Oracle VM VirtualBox


Hal yang perlu di persiapkan antara lain :

  1. Windows 10,8,7 / Linux dalam bentuk ISO/CD
  2. Aplikasi Oracle VM VirtualBox - Download disini


Tutorial Install ISO Ubuntu di VirtualBox [Update]


Tutorial ini penting untuk membuat konfigurasi VirtualBox beserta settingan awal sebelum menginstal sistem operasi (OS) pada virtual machine (VM VirtualBox) dan di contoh ini adalah bagaimana setingan sebelum menginstall Ubuntu pada VirtualBox. Anda bisa menyesuaikan dengan OS apa yang akan Anda install yang caranya sama saja, langsung saja ikuti petunjuk langkah berikut.


1. Install Oracle VM VirtualBox pada komputer Anda dan jalankan, pada tampilan menu yang tersedia klik opsi New (baru).


Tutorial Install OS di VirtualBox - zotutorial.com


2. Setelah itu buat Nama, Type dan Versi OS sesuai yang akan di gunakan untuk simulasi. Dalam tutorial ini admin mencontohkan menginstall Linux Ubuntu pada VirtualBox, klik Next.


Setingan Awal Install Ubuntu di VirtualBox - zotutorial.com


3. Selanjutnya atur banyaknya RAM yang akan di alokasikan untuk menjalankan OS pada mesin virtual.

Note : mengambil RAM terlalu banyak akan mengganggu OS Utama sobat, pastikan ambil 1/4 atau di antara garis hijau saja sesuaikan dengan kondisi RAM yang sobat punya.


Settingan Atur RAM Ubuntu di VirtualBox di VirtualBox - zotutorial.com


4. Perintah selanjutnya adalah membuat virtual hardisk, pilih 'Create a virtual hard disk now' lalu klik Create.


Settingan Awal Install Windows/Ubuntu di VirtualBox - zotutorial.com


5. Selanjutnya pada file type hardisk, pilih VDI (VirtualBox Disk Image) lalu klik Next.


Settingan Awal Install Windows di VirtualBox - zotutorial.com


6. Pada bagian ini tersedia 2 (dua) opsi yang dapat Anda pilih, berikut masing-masing penjelasanya:

  • Dynamically allocated :  Artinya kapasitas hard disk fisik akan digunakan berdasarkan berapa kapasitas hard disk virtual sudah terpakai dan tidak berdasarkan berapa ukuran hard disk virtual ditentukan. Kapasitas hard disk virtual akan dibatasi berdasarkan ukuran yang telah ditentukan.
  • Fixed size :  Artinya kapasitas hard disk fisik akan digunakan berdasarkan ukuran kapasitas hard disk virtual dibuat, walaupun kapasitas hard disk virtual tersebut masih kosong atau belum digunakan.
          Pilih yang Dinamik


Settingan Awal Install Ubuntu di VirtualBox - zotutorial.com


7. Selanjutnya atur alokasi kapasitas Hardisk yang akan digunakan untuk OS sesuai kebutuhan. Jika sudah klik Create.

*Pastikan free space Hardisk pada sistem utama Anda mencukupi untuk pengadaan alokasi space virtual ini.


Settingan Awal Install Ubuntu di VirtualBox - zotutorial.com


8. Konfigurasi sistem operasi telah dibuat, kini Anda perlu melakukan langkah selanjutnya dengan cara klik Settings pada menu VirtualBox.


Cara Install Ubuntu di VirtualBox - zotutorial.com


9. Ambil ISO Windows/Ubuntu yang akan di pakai melalui Storage (Penyimpanan) > klik Empty pada Controller IDE > klik ikon CD pada Optical Drive dan pilih disk file (choose a disk file), cari file ISO Anda.


Cara Install Ubuntu di VirtualBox - zotutorial.com


10. Pastikan pada information, ISO yang dipilih sudah sesuai dan jika sudah klik OK.


Cara Install Ubuntu di VirtualBox - zotutorial.com


11. Selesai dan kini anda tinggal klik dua kali pada konfigurasi ubuntu / windows tersebut, bisa juga dengan klik tombol Start untuk memulai menghinstall ISO Linux Ubuntu pada virtualbox ini.


Pada beberapa kasus bisa terjadi lag dan crash saat akan memulai penginstalan operating system ini, dimana tergantung daripada spesifikasi laptop atau PC yang Anda gunakan. Bila terjadi stuck kamu bisa mematikan power machine off pada virtual box kemudian start ulang.

Demikian tutorial install sistem operasi dalam bentuk ISO Linux atau Windows di VM VirtualBox yang dapat penulis bagikan kali ini, Anda bisa mendapatkan tutorial menarik lainya yang bisa kamu baca di zotutorial.com, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Settingan Awal Install Windows/Ubuntu di VirtualBox Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close