Cara Menghemat Kuota Internet Instagram, FB, YouTube dll

Di zaman sekarang kuota internet ibarat asupan makan bagi ponsel pintar Anda, tanpa adanya kuota dan sinyal Wi-fi, hidup akan serasa mati kutu karena tidak ada aktifitas yang barang kali sangat Anda butuhkan. 

Nah bagaimana cara menghemat kuota data internet untuk sosmed yang mungkin bisa dilakukan untuk mengatasi boros kuota? terlebih saat WFH sebagian besar pekerjaan dan sekolah menggunakan akses internet.

Barang kali Anda termasuk orang yang sering menggunakan sosial media (sosmed) untuk sekedar membagikan postingan, mencari informasi, berbisnis atau hanya sekedar buka tutup sosmed untuk melihat beranda, kemudian terfikirkan untuk mencari cara menghemat kuota tri, indosat, telkomsel dan sebagainya, maka ulasan ini tepat untuk Anda simak.


Kuota Boros Ketika Buka Instagram?


Seperti yang sudah umum diketahui, jika Instagram merupakan media sosial yang berfokus menampilkan foto dan video singkat yang bisa juga dijadikan sebagai personal blog seseorang, profil akun usaha dan kantor, hingga untuk bisnis produk atau online shop di IG.

Melihat 1 postingan foto di IG sebenarnya seperti halnya mengunduh gambar untuk di tampilkan. Dengan begitu ada berapa gambar yang telah Anda lihat, belum lagi video story IG, FB dan TikTok semuanya akan mempercepat pembelian kuota.

Dengan tampilan gambar yang menarik mata, maka tak heran kalangan muda hingga tua sering berlama-lama membuka aplikasi Instagram pada ponsel yang tak terasa juga cepat menguras kuota internet.

Tips dan solusi untuk mengatasi aplikasi Instagram, fb, youtube boros kuota ini bisa kamu lakukan, yaitu dengan mengoptimalkan fitur bawaan yang tersedia pada aplikasi dan mengikuti beberapa tips cara hemat kuota ketika mengakses Instagram di ponsel. Berikut ini 8 cara menghemat kuota internet di Android dan IPhone yang bisa kamu coba.


1. Mengaktifkan Fitur Hemat Data di Instagram


  • Buka Instagram di ponselmu (versi ter-update).
  • Masuk ke Profil dan pilih Menu (sudut kanan).
  • Pada menu Pengaturan/Settings pilih opsi Akun.
  • Scroll ke bawah, pilih Account.
  • Tekan opsi Mobile Data Use.
  • Selanjutnya aktifkan Data Saver.
  • Seting Media Beresolusi Tinggi jadi WiFi Only.
  • Selesai dan mode hemat data Instagram telah diaktifkan.

Cara Menghemat Kuota Instagram by zotutorial.com


2. Atur Kualitas Video Youtube


Jika masalah boros kuota anda karena terlalu sering melihat konten youtube kamu bisa atur kualitas video youtube quality menjadi sebesar 144p - 240p saja atau bisa di set ke data saver pada bagian Quality di pojok kanan atas video youtube.

Meskipun gambar akan menjadi buram tetapi cara ini efektif dapat membantu memperpanjang masa pakai kuota Anda, ketimbang full HD tetapi cepat membeli kuota kembali.


3. Atur Hemat Kuota di Aplikasi Faceook


Agar bisa hemat data internet ketika akses Facebook, ada 2 cara yang bisa kamu coba. Bila menggunakan aplikasi Facebook dari Play Store kamu bisa hemat dengan cara masuk pada setting media dan contact - Upload Photo in HD beserta video kamu bisa nonaktifkan, set Autoplay on wifi only.

Kemudian jika kamu menggunakan facebook pada browser bisa di hemat dengan cara mengaktifkan data saver. Caranya masuk ke Menu - Settings - Data Saver dan aktifkan data saver pada facebook dan matikan data saver ketika menggunakan wifi.

Cara Menghemat Kuota Facebook by zotutorial.com
source by aoaga


4. Gunakan Paket Kuota Kusus Sosial Media


Beli paket kuota selain di gerai cellular, kamu juga bisa beli kuota data di aplikasi masing-masing provider internet yang anda gunakan. Pada aplikasi tersebut biasanya terdapat penawaran kuota yang sangat beragam.

Anda bisa memilih untuk membeli kuota data kusus akses Media Sosial (IG, FB, TikTok dll), dengan begitu tidak menyedot kuota utama saat mengakses beberapa aplikasi yang di khususkan aksesnya.

Begitu juga jika lebih sering membuka Youtube, ada baiknya beli paket kusus YouTube unlimited agar lebih leluasa menonton konten video youtube, selengkapnya Anda bisa baca disini Tips menonton YouTube yang efektif dan hemat.


5. Menggunakan Kuota Unlimited


Beberapa provider internet seperti Tri, Telkomsel, Indosat dan Smartfren biasanya menyediakan produk paket kuota unlimited baik full 24 jam atau dengan batasan di jam tertentu saja, dengan begitu kamu bisa lebih menghemat kuota.

Pastikan jika memilih cara ini maka Anda perlu mencermati apakah Unlimited All untuk semua akses atau unlimited hanya untuk akses tertentu saja misalnya game, akses netflix atau beberapa layanan yang di sebutkan. Dengan paket unlimited pastinya akan lebih leluasa akses data, hanya saja perhatikan batasan FUP nya, ya. 


6. Aktifkan Fitur Data Saver di Android


Pada ponsel Android dan iPhone milikmu pada beberapa jenis ponsel dan OS terbaru, biasanya telah disematkan fitur mode hemat data, dengan begitu dapat menekan konsumsi data internet harianmu.

Kamu bisa mencarinya pada setting/pengaturan Android - Jaringan & Internet dan pilih opsi untuk penghemat kuota / data saver untuk diaktifkan.


7. Menggunakan Jaringan Wi-Fi


Jika kamu sedang berada di jaringan free wi-fi maka cepat-cepat matikan data selulermu dan aktifkan koneksi penangkap sinyal wifi ini. Karena tentunya akan menghemat kuota internet menjadi lebih baik.
Koneksi free Wi-Fi biasanya ada di café, tempat makan Fast Food (McD, BK, KFC dll), Perpustakaan Kampus, area sekolah jika tersedia, kantor, bandara, kereta dan tempat lain yang menyediakan layanan wifi gratis.


8. Batasi Penggunaan Ponsel


Terakhir membatasi penggunaan ponsel merupakan langkah bijak agar tidak menimbulkan candu dan tentunya akan lebih banyak aktifitas fisik yang kamu lakukan ketimbang menggulir beranda sosmed dan bermain game online.

Kamu bisa membatasi misalnya untuk membuka Instagram, FB dan lainya selama 30 menit hingga 1 jam saja dalam sehari. Karena semakin sering mengakses sosial media juga semakin membuat kuota Anda cepat habis. 


Kesimpulan


Konsumsi data internet oleh setiap orang sangatlah berbeda, hanya saja konsumsi sebagian besar ada di media sosial, dan streaming video seperti YouTube. Bagi remaja dan dewasa kamu bisa menggunakan beberapa cara diatas sebagai alternatif untuk menekan borosnya kuota internet.

Selain itu bagi Anda orang tua yang memiliki masalah boros kuota pada ponsel si anak, pastikan bisa lebih memberi pemahaman dan gunakan jenis paket data yang tepat untuk kebutuhan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Menghemat Kuota Internet Instagram, FB, YouTube dll"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close