Perbedaan RGB dan CMYK dalam Mode Color Aplikasi Editing

Dalam ilmu grafis, fotografi dan percetakan perlunya mengetahui pengetahuan mendasar dalam setiap pekerjaanya. Terutama adalah dalam hal dasar, perbedaan mode warna pada perangkat lunak editing seperti mode color RGB dan CMYK. Karena jika salah penerapan akan berdampak pada hasil yang di dapat.

Betapa tidak, karena salah penerapan mode color yang dipilih akan menimbulkan warna yang tidak sesuai dengan kegunaanya, entah gambar menjadi gelap atau menjadi terang. Karena itu perlunya literasi tentang perbedaan CMYK dengan RGB pada software editing foto maupun grafis vector ini.

Perbedaan RGB dan CMYK di software grafis by zotutorial.com


Perbedaan RGB dengan CMYK di Aplikasi


Secara garis besar, 2 warna yang selalu di tawarkan saat mendesain yaitu mode RGB atau CMYK, dimana mode warna ini dapat diaplikasikan sesuai dengan peruntukanya. RGB dimana hasilnya difungsikan untuk penayangan media digital dengan display elektrik atau plasma.

Sedangkan CMYK diperuntukan untuk cetak fisik menggunakan mesin printing, media paper dan dengan tinta pewarnaan yang biasa digunakan. Untuk detail lebih dalam perbedaan RGB dan CMYK simak masing-masing pembahasan berikut.


Pengertian RGB dan Fungsinya


RGB merupakan mode warna yang terdiri dari tiga warna inti yaitu Merah, Hijau dan Biru atau (Red, Green, Blue) sehingga umum di singkat menjadi RGB. Jika ketiga warna tersebut digabungkan atau di padukan maka akan menciptakan warna putih. Selain itu juga dapat menghasilkan wana lain jika kedua warna dipadukan semisal menjadi kuning, ungu dan biru muda.

Fungsi utama dari mode color RGB ini adalah untuk menampilkan warna atau citra pada perangkat digital dan elektronik dengan panel display untuk menampilkan visual grafisnya. Oleh karena itu pewarnaannya biasanya cenderung terang dan cerah karena memang di desain untuk mode 3 warna layar display.


Contoh Warna RGB


Selain itu warna RGB yang di tampilkan pada masing-masing perangkat juga berbeda karena dipengaruhi jenis display layar yang digunakan LCD, LED, misalnya dengan kualitas layar AMOLED, TFT, IPS super Amoled bisa berbeda.

Mode Color RGB juga ada pada dunia fotografi, dimana kamera DSLR hingga kamera HP sekalipun biasanya menggunakan mode warna RGB ini. Sehingga bagi yang bertukar gambar foto dengan komputer, dan perangkat elektronok lain menggunakan media digital tidak repot karena perbedaan warna, kecuali akan mencetak gambar tersebut maka harus di sesuaikan menjadi CMYK.

Penerapan Mode Color RGB

  1. Layar LCD/LED TV
  2. Monitor PC, laptop
  3. Iklan Videotron
  4. Posting Sosial media, Instagram, Fb dsb.
  5. Layar Smartphone, IPS, TFT, OLED dsb



Arti Warna CMYK dan Fungsinya


CMYK merupakan mode warna yang terdiri dari 4 gelombang warna yaitu Biru kehijauan (Cyan), ungu (Magenta), Kuning (Yellow) dan hitam (blacK). Mengapa K pada CMYK black ? karena B sudah digunakan pada penamaan Blue sehingga mengambil kata di belakangnya.


Contoh Warna CMYK


Mode pewarnaan yang dibentuk CMYK adalah dengan mengurangi gelombang cahaya (subtraktif), karena empat warna diatas bisa mengurangi intensitas kecerahan dari warna putih. Cara kerja CMYK ini sering diterapkan pada printer karena agar dapat menghemat tinta. Mengapa demikian karena dibuat warna hitam khusus dari kombinasi cyan, magenta dan kuning untuk menghemat tinta.

Mode ini merupakan standar yang digunakan untuk percetakan dan printing karena mengacu pada tinta yang digunakan. Sehingga bila Anda akan melakukan pencetakan foto, banner, billboard, flayer dari desain visual di komputer maka baiknya diubah ke setingan mode warna CMYK ini agar warna ketika di cetak menjadi sinkron.

Penerapan Mode Color RGB

  1. Mencetak Banner Offset, MMT, Billboard.
  2. Print Flayer, kartu nama, undangan.. dsb
  3. Foto dan Dokumen cetak lainya.


Kesimpulan


Dari point diatas dapat diketahui jika Mode Warna RGB lebih diperuntukan untuk pengaplikasian pada grafis digital dan sosial media. Sedangkan CMYK cocok digunakan untuk cetak dari perangkat lunak desain entah Adobe Ilustrator, Photoshop, CorelDraw menjadi output berupa printing desain sekaligus agar warna hasil cetak sama dengan warna pada desain mentah di software tersebut.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Perbedaan RGB dan CMYK dalam Mode Color Aplikasi Editing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel