Ragam 6 Jenis Kertas Foto Cetak dan Kualitasnya Yang Bagus

Bicara soal jenis kertas, tidak hanya kertas HVS A4 dan F4 reguler yang biasa digunakan untuk print dokument, tetapi ada juga jenis kertas foto untuk mencetak gambar dengan kualitas tinggi dan terbaik, karena setiap jenis kertas foto mempengaruhi hasil cetak yang didapat.

Dengan semakin tingginya teknologi para periset produk selalu dan terus mengembangkan produk buatanya agar semakin baik dengan kelebihan-kelebihan lain yang didapat, salah satunya adalah kertas foto yang bagus dan tahan lama untuk cetak foto berdefinisi tinggi.


6 Jenis Kertas Foto Printing


Jenis kertas foto yang awet tidak gampang luntur saat di cetak juga salah satu alasan konsumen mencari mana yang terbaik. Apalagi di jaman sekarang seseorang tidak perlu mencetak foto keluar rumah, hanya berbekal printer yang dimiliki sudah dapat mencetak foto seesuai dengan keinginan.

6 Jenis Kertas Foto Cetak dan Kualitasnya Yang Bagus by zotutorial.com

Beragam mesin printing ini bisa didapat dengan harga yang terjangkau, untuk printer rumahan yang sudah cukup bagus dugunakan cetak foto adalah jenis printer inkjet. Tetapi bukan itu saja penentu bagusnya foto yang di cetak melainkan jenis tinta yang digunakan dan juga jenis kertas cetak foto yang digunakan.

Salah-salah pilih tinta dan kertas foto bukan hasil terbaik yang didapat malah bisa sebaliknya, maka perlunya Anda dalam meriset jenis kertas foto yang cocok dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis kertas foto terbaik yang biasa digunakan versi zotutorial.com


1. Kertas Foto Luster


Jenis foto yang pertama ada dari jenis Luster, jenis kertas foto ini memiliki daya tahan yang tingi, tidak mudah pudar sehingga dapat digunakan untuk foto jangka panjang. 

Jenis Luster ini cocok digunakan untuk foto Ijazah, foto nikah, dan foto untuk suatu dokumen lainya yang dapat bertahan lama tanpa khawatir foto menjadi luntur atau memudar warnanya.


2. Kertas Foto Glossy


Jenis kertas foto yang kedua ini memiliki kualitas yang sedang namun terbaik dikelasnya. Banyak yang menggunakan jenis kertas ini sehingga terbilang cukup populer karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya seperti. 

  • Foto Terlihat mengkilap, seperti cat body mobil baru.
  • Hasil cetakan relatif bagus dan jelas.
  • Tekstur Permukaan kertas yang halus.
  • Cocok digunakan pada percetakan foto beresolusi menengah - tinggi.
  • Harga kertas foto jenis glossy lebih murah.

Kekurangan kertas foto glossy :

  • Memiliki tekstur mudah lengket sehingga sering meninggalkan bekas seperti bekas sidik jari atau goresan halus.
  • Beberapa kasus, warna cepat memudar terlebih ketika disimpan pada ditempat terbuka dan terkena terik sinar.


3. Kertas Foto Matte (Doff)


Jenis kertas foto selanjutnya adalah jenis matte atau lebih familiar disebut doff dimana memiliki tekstur permukaan yang tidak mengkilap atau mencolok tetapi karakternya lebih soft dan elegant. 

Jenis foto ini biasa diandalkan untuk kegiatan cetak foto harian ringan tetapi tidak disarankan untuk jangka waktu yang lama karena bisa terjadi luntur, selain itu teksturnya juga tidak lengket sehingga tidak mudah meninggalkan bekas dan noda. 


4. Kertas Foto Inkjet


Dari jenis foto yang lainya, jenis kertas Inkjet ini termasuk jenis kertas foto yang terbilang unik, karena kelebihanya tidak dimiliki jenis kertas lainya. Kertas foto ini bisa menjadi alternatif untuk kebutuhan Anda dimana keunggulanya seperti berikut.

  • Memiliki sifat Water Proof atau tahan air, sehingga tidak perlu khawatir foto menjadi luntur akibat terkena air.
  • Resolusi print berkisar antara 1440 dpi hingga 5760 dpi.


5. Kertas Foto Canvas Texture


Sesuai dengan namanya macam jenis kertas photo printing satu ini memiliki tekstur mirip seperti kanvas lukisan. Beberapa keunggulan kertas foto canvas diantaranya adalah :

  1. Memiliki tekstur agak kasar dan terdapat garis garis mirip seperti canvas lukisan. Sehingga hasil cetaknya menjadi sangat bagus.
  2. Proses pengeringan tinta sangat cepat karena kertas ini memiliki daya serap yang tinggi.
  3. Memiliki daya tahan lebih awet dibandingkan kertas glossy, hanya saja jenis kertas foto canvas harganya lebih tinggi ketimbang jenis kertas jenis yang lain.


6. Kertas Foto Double-Side Paper


Jenis kertas foto yang terakhir adalah Double-Side Paper. Dimana jenis ini bisa dimanfaatkan untuk cetak foto dengan dua sisi depan dan belakang kertas. Jenis foto ini umum digunakan untuk media promosi dan marketing seperti cetak brosur, flayer A6, akrilik dengan ukuran A5. Teksturnya cenderung tipis dengan hasil yang semi doff.

Itulah beberapa jenis kertas diantaranya yang bisa dimanfaatkan, meskipun ada jenis-jenis lain, jenis diatas sudah dapat Anda jadikan refrensi untuk mengaplikasikan hasil cetakan. Dan kedepanya seiring kemajuan riset dan teknologi dapat dipastikan akan semakin bertambah dari segi jenis dan kualitas kertas foto.


Kesimpulan


Dari beberapa poin diatas kini Anda bisa memilih akan menggunakan kertas foto mana yang layak untuk Anda gunakan, mau yang kualitas bagus agar awet dan tahan lama, atau dengan kualitas yang biasa saja karena tidak untuk dokumen jangka pangjang, semua kembali pada kebutuhan anda.

Namun perlu di ingat kualitas tinta print dan teknologi mesin printing juga berpengaruh pada hasil yang akan Anda dapat ya, selain jenis-jenis kertas foto diatas jika menggunakan printing rumahan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Ragam 6 Jenis Kertas Foto Cetak dan Kualitasnya Yang Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel