Tutorial Hapus Background Objek Foto Rumit dengan Photoshop

Bagaimana cara hapus background objek foto tidak beraturan rumit seperti rambut, rumput dengan Adobe Photoshop CS6 atau CC 2018 hingga 2020 terbaru? Mari simak tutorial berikut ini. Background merupakan gambar maupun pemandangan latar yang mengelilingi dari sebuah objek, yang bisa dibilang pendukung dari objek yang dibidik.

Bagian objek merupakan bagian penting dalam sebuah foto, sedangkan background gambar latar dibelakang objek dapat kita ganti sesuka hati, misalnya mengganti dengan pemandangan langit, pemandangan pegunungan, studio atau bisa juga diganti dengan warna background solid color merah atau biru yang biasanya untuk pas foto ijazah, CV atau untuk buku nikah.

Penggunaan versi Adobe Photoshop yang anda gunakan tidak menjadi masalah, misalkan jika Anda menggunakan versi Ps CS6 atau lebih lawas, untuk tutorial ini barangkali dari sisi icon penggunakan sedikit berbeda karena menggunakan Adobe Photoshop CC 2020, akan tetapi secara penggunaan tetap sama saja.


Cara Hapus Background Objek Foto Rumit Menggunakan Photoshop


Metode menghilangkan gambar latar atau warna background pada foto gambar bisa dilakukan dengan banyak cara di Photoshop, akan tetapi kali ini penulis akan berikan cara yang paling mudah tanpa ribet, 

Cara ini bisa digunakan menghilangkan warna background tanpa seleksi objek seperti rambut, kepala, rumput/ilalang, pohon dan pemandangan. Tentunya jika anda kurang puas dengan hasilnya bisa di kombinasikan dengan cara lain yang bisa dilakukan. 


Langkah Hapus Background Foto


1. Saya anggap Anda sudah membuka foto yang akan di eksekusi pada Adobe Photoshop.

2. Klik tahan pada menu Eraser Tool hingga memunculkan opsi tool lainya.

3. Kemudian pilih Background Eraser Tools.

4. Untuk mengatur radius (Diameter) lingkaran area seleksi, kamu bisa menggunakan tombol pada keyboard ] untuk memperbesar dan [ untuk mengecilkan.

5. Terdapat tanda (+) di tengah lingkaran, pastikan klik tanda “+” tersebut pada backgorund yang akan dihapus (diluar objek).

*Penghapusan background dilakukan dengan cara klik, tidak disapukan.

6. Besarkan radius lingkaran hingga menyentuh/menjangkau badan objek.

Tutorial Hapus Background Objek Foto Rumit dengan Photoshop by zotutorial.com

Walaupun lingkaran menyentuh objek tidak akan ikut hilang karena yang terhapus adalah bagian yang di sorot tada plus, selama ''+'' di tengahnya tidak meng-klik bagian objek maka object tidak akan ikut terhapus.

*Cara mengganti salah satu warna objek foto/gambar dengan photoshop bisa anda baca disini.

7. Setelah itu hapus bagian sisa yang belum hilang dengan Eraser biasa, hapus sisa ini dengan cara disapukan, hingga sepenuhnya hilang, bisa juga dengan cara di crop.

7 Langkah cara Hapus Background Objek Foto Rumit dengan Photoshop zotutorial.com



Dan kini foto tersebut telah dihilangkan background nya sehingga anda tinggal Save menjadi PNG atau bisa langsung digunakan untuk keperluan lainya dengan editing Photoshop seperti mengganti background nya dengan warna biru/merah jika pas foto, bisa juga di tempel pada desain poster banner dan sebagainya.

Sekian tutorial cara hapus background objek foto rumput ini. Semoga membantu dan selamat mencoba zotutorial.com
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Hapus Background Objek Foto Rumit dengan Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close