Cara Mengatasi Error Failed Open Session VirtualBox

Bagaimana cara mengatasi Error Session VirtualBox? Kejadian ini biasanya dialamu ketika berhasil mengupdate VirtualBox ke versi terbaru dengan menghapus atau uninstall virtualbox versi lama yang dimiliki. Biarpun Vbox ini bisa di update dengan cara di timpa saat menginstall.

Pesan error yang muncul bertuliskan (Failed to open session for the virtual machine …. ) saat menjalankan ‘Start’ System Operasi yang digunakan semisal Ubuntu, Kali Linux, windows dan sebagainya. 

Dimana pesan error ini berkaitan dengan kegagalan session Virtualbox ketika akan dimuat atau load OS yang dijalankan. Pesan error session bisa anda lihat pada gambar dibawah ini, dan klik details di situ juga terdapat notice The native API dll was not found alias tidak ditemukan.

Cara Mengatasi Error Failed Open Session VirtualBox by zotutorial


Ketika menemukan error seperti ini Anda tidak perlu panik, karena Anda bisa mengatasinya dengan sangat mudah.


Cara Mengatasi Error Session VirtualBox


Jika Anda memiliki kendala seperti kasus gambar diatas solusi pertama Restart komputer PC atau laptop anda lebih dahulu, kemudian coba buka VirtualBox kembali dan jalankan/start sistem operasi.

Pada beberapa kasus Faled to Open session VirtualBox terjadi dikarenakan oleh sebab lain. Hanya saja pada kasus yang penulis alami, cukup dengan restart windows dan akan pulih setelahnya. Jika dengan restart tidak solved coba lakukan beberapa cara lanjutan seperti berikut.


Buka VirtualBox dengan Run as Administrator


Jika restart tidak menyelesaikan permasalahan anda bisa coba dengan membuka VirtualBox sebagai admin.

  • Klik kanan pada icon VirtualBox
  • Run as Administrator


Fix VirtualBox dengan disable Hyper-V


  1. Ketik pada kolom search windows Turn windows features on or off
  2. Cari Hyper-V folder
  3. Hilangkan check Hyper-V
  4. Ok and restart Windows anda
  5. Buka Kembali dan coba jalankan


Fix Error VirtualBox dengan Perintah CMD


Pada Kolom pencarian Windows ketik CMD Admin, atau bisa juga dengan tekan tombol Win+X pilih Command Prompt (Admin)

  • Masukan perintah sfc /scannow kemudian tekan Enter
  • Wajib tunggu hingga proses selesai (100%) dan restart windows
  • Coba buka VirtualBox kembali

Fungsi perintah sfc /scannow adalah untuk scanning terhadap semua file sistem dan secara otomatis akan memperbaikinya ketika ada file yang corrupt namun tidak dapat menggantikan file .dll yang hilang.


Uninstall VirtualBox dan Install Kembali


Bila ketiga cara masih memunculkan pesan error failed 0x80004005 coba untuk menguninstall VirtualBox secara penuh dengan menggunakan aplikasi Uninstall pihak ketiga seperti Revo Uninstaller, Iobit Uninstaller atau Uninstall Tool lainya.

Install Kembali dan coba jalankan VirtualBox, apakah dapat berjalan sempurna?


Reset Windows


Cara terakhir jika keseluruhan cara tidak dapat solved adalah dengan me-repair ulang Windows anda dengan cara Reset ulang Windows maupun Install ulang Windows. Hanya saja pastikan cara ini dilakukan bisa benar-benar urgent, karena seluruh program aplikasi di laptop anda akan hilang dan tentunya menjadi PR lagi buat anda.

Important! Pastikan telah Backup data penting ke media lain (flashdisk / HDD eksternal) untuk memulai proses ini! karena akan menghapus data Windows anda. Reset pada Windows 10 bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Win pada keyboard
  2. Settings/Pengaturan – masuk ke Update & Security
  3. Recovery – Reset this PC
  4. Get started 
  5. Pilih Restore factory Settings
  6. Only the drive where Windows is installed (Hanya hapus Local Disk C:)
  7. Remove files and clean drive
  8. Pilih Restore untuk memulai reset Windows.

Reset PC bisa dilakukan pada Windows 7, 8.1, 10, dan 11 tanpa melakukan install ulang windows. Pastikan juga untuk melakukan reset pada drive C: saja, jangan All drive agar data partisi D: atau E: tidak terhapus.

Unduh dan Install Kembali VirtualBox terbaru dan mulai jalankan seperti biasa, cara ini dapat mengatasi 99% masalah pada VirtualBox failed to open a session 0x80004005 yang membandel, semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Mengatasi Error Failed Open Session VirtualBox"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close