8 Format Gambar Photoshop Yang Sering Digunakan

Beberapa macam format gambar Photoshop yang sering digunakan saat manipulasi foto dan desain. Kembali zotutorial dengan informasi seputar seputar Adobe Photoshop dimana kali ini akan menjelaskan tentang macam-macam format pada Photoshop yang bisa digunakan mulai CS6 hingga yang terbaru Photoshop CC 2021.

Untuk pemula setidaknya ada 8 format photoshop yang wajib anda ketahui dengan fungsi masing-masing format sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan pada saat penerapan proses editing atau manipulasi foto. Cara menghapus Background di Photoshop.


Dimana Letak Pilihan Format Gambar Photoshop?


Sebelum kalian menyimak dan mengetahui 8 format Adobe Photoshop beserta kegunaanya sebelumnya ketahui dahulu dimanakah letak semua format tersebut setelah anda membuat project gambar atau dengan kata lain meng ekspor gambar final untuk di cetak, simpan sementara maupun langsung pakai. 

Caranya adalah dengan Save As atau (Shift-CTRL-S) dan pilih Save As Type pada format yang di inginkan, seperti gambar dibawah berikut.

8 Format Gambar Photoshop Yang Sering Digunakan by zotutorial.com


8 Format Gambar Photoshop Yang Wajib Anda Tahu



1. Photoshop Document (PSD) – File Utama


Format (.PSD) mungkin akan sering kalian ketahui utamanya jika Anda membuat dan bekerja dalam project photoshop, karena (.PSD) merupakan format file default dari sebuah project Photoshop yang dihasilkan, dalam kata lain file mentah yang bisa di edit ulang saat project.

Cara pembuatan file ini adalah dengan Save As Type : Photoshop (*.PSD;*.PPD;*.PDD;*.PSDT).

Fungsi Format .psd sendiri sangat penting terutama saat mengerjakan projek dalam skala tim, maupun project desain individu yang suatu saat dapat di edit kembali menggunakan Adobe Photoshop tanpa melakukan pengeditan ulang dari awal project.


2. Joint Photographic Expert Group (JPG / JPEG)


Format Gambar (.JPG) atau (.JPEG) merupakan format umum dalam keseharian karena foto kamera ponsel, kamera DSLR dan digital lainya pada umumnya akan menghasilkan format JPG. 

Ukuran foto JPG yang dihasilkan pada photoshop cenderung lebih kecil dan ringan sehingga tidak membebani memory. Caranya dengan Save As Type : JPG (*.JPG;*.JPEG;*.JPE)

Dengan kualitas yang bisa diatur dalam presentase atau Quality : Maximum, High, Medium dan Low. Membuat format gambar photoshop ini sangat sering digunakan dengan keleluasaan pengguna untuk menentukan kualitas dan besaran file gambar yang di hasilkan. 

Hanya saja format foto (.JPG) ini memiliki kekurangan yaitu tidak dapat menyimpan hasil gambar yang transparan, dan jika dipaksakan akan menciptakan background putih di belakangnya, sehingga tidak cocok untuk menyimpan gambar yang memerlukan tranparansi di belakangnya seperti Logo, Embose, tulisan dan sebagainya.


3. Portable Network Graphic (PNG)


Selanjutnya ada Format Gambar (PNG) dimana format ini populer ke dua setelah format JPG yang tentunya juga akan sering anda gunakan ketika meng-export gambar photoshop.

Penggunaan format PNG akan menciptakan file yang berukuran lebih besar berkali lipat dari format JPG dengan gambar sama saat di eksport. Caranya dengan Save As Type : PNG (*.PNG;*.PNG)

Format PNG sangat cocok untuk menympan gambar Logo, Stiker, embos atau gambar yang memerlukan transparansi, sehingga format png tidak meninggalkan Background warna putih dibagia belakangnya.

Hanya saja kekuranganya ada di ukuran file yang besar, tetapi tenang saja karena tersedia 3 pilihan File Size saat meng ekspor gambar yaitu Large File Size, Medium File Size, Smallest File Size.



4. Tagged Image Format File (TIFF / TIF)


Format (.TIFF) adalah format yang biasa digunakan untuk percetakan karena dapat menyimpan gambar dengan kualitas tinggi 32 bit dengan kualitas yang bisa diatur, selain itu terdapat pilihan ingin di compress atau tidak. Caranya dengan Save As Type : TIFF (*.TIF;*.TIFF).

Bila anda sering diminta untuk mencetak desain atau bekerja di vendor percetakan pasti akan sering menemui file gambar TIFF antara Anda dengan client atau sebaliknya meskipun tidak semuanya, karena file ini merupakan file cetak yang biasa digunakan selain PDF.


5. Portable Document Format (PDF)


Format Gambar (PDF) adalah file seperti layaknya dokumen PDF pada umumnya yang dapat dibuka dengan aplikasi PDF reader. Caranya dengan Save As Type : Photoshop PDF (*.PDF;*.PDP).

Fungsi penyimpanan pada PDF bisa digunakan untuk edit ulang baik menggunakan photoshop maupun CorelDraw dan Adobe Illustrator, selain itu juga umum digunakan untuk proses cetak desain gambar pada vendor cetak. Format pdf juga menghasilkan ukuran file yang relatif jauh lebih kecil ketimbang TIFF.


6. Graphic Interchange Format (GIF)


Format Gambar (GIF) yaitu format gambar bergerak atau animasi 2D yang mirip dengan kartun animasi hanya saja dalam bentuk format gambar, pembuatan animasi GIF ini juga terdiri dari frame-frame yang mirip dengan pembuatan Film animasi pada umumnya. 

Format GIF hanya dapat menyimpan foto dalam 8 bit dan hanya bisa digunakan dengan mode grayscale, index color dan bitmap. Caranya Save As Type : GIF (*.GIF)

Fungsi dari format gambar GIF ini biasanya digunakan untuk membuat web banner atau pembuatan iklan animasi bergerak pada website, kemudian untuk pembuatan tutorial dan sticker animasi untuk media sosial.


7. Bitmap (BMP)


Format Gambar Bitmap (BMP) merupakan refleksi dari citra grafis yang tersusun dari banyak dot Pixel yang saling terhubung. Karakteristik bitmap adalah matrik titik pixel dimana akan cenderung pecah ketika di perbesar.

Karakteristik BMP juga sama dengan JPG, PNG dan GIF hanya berbeda algoritma pengompresan citra. Untuk membuat format ini dengan Save As Type : BMP (*.BMP;*.RLE;*.DIB)

Meskipun memiliki kemiripan dengan GIF, JPG dan PNG namun Format BMP biasanya diperuntukan untuk cetak sedangkan jpg & png untuk tampilan perangkat digital, smartphone, sosmed maupun web. Format ini juga bisa menyediakan settingan kedalaman kualitas mulai 1-32 bit.



8. Encapsulated PostScript (EPS)


Format Gambar (.EPS) Encapsulated PostScript biasa dihasilkan dari Software Adobe Illustrator (Ai) akan tetapi juga bisa dibuka di Software Adobe Photoshop dan CorelDraw. Format EPS Supoort dalam beberapa mode warna seperti RGB, CMYK, Lab, Indexed, Grayscale dan Duplex. Caranya Save As Type : Photoshop EPS (*.EPS).

Fungsi format EPS sama seperti PDF dimana untuk keperluan cetak, selain itu format ini juga dapat dibuka pada beberapa jenis Software editing vector atau bitmap yang lain, misalnya CorelDraw dan Adobe Ilustrator untuk di edit ulang. Anda akan sering menjumpai format ini jika sering download vector dari freepik.


Dari 8 macam Format gambar di Photoshop diatas pasti kalian tidak tidak asing lagi beberapa diantarnya, sekaligus menambah dan melengkapi pengetahuan yang sudah Anda ketahui dalam pemformatan citra digital,

Meskipun ada beberapa format lain yang masih banyak diantaranya adalah : (.webp) (.raw) (.psb) (.pcx) (.jps) (.jpf) (.dcm) (.mpo) (.pxr) (.sct) (.tga) (.pbm).


Format Gambar Apa Yang Bagus Untuk Digunakan?


Tidak ada patokan baku mengenai penggunaan format gambar sejauh Anda menggunakanya sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan, misalnya hanya untuk keperluan sosial media, web dan perangkat digital elektronik lain, atau akan di cetak misalnya untuk membuat Banner, Baliho falyer dll.

Jangan lupa bahwa aspek Mode Color RGB & CMYK juga harus di perhatikan untuk dapat menghasilkan warna yang sesuai, karena jika salah pemilihan mode warna ini berakibat tidak sesuainya warna desain di software photoshop dengan hasil yang digunakan dari 


Akhir Kata

Demikian informasi mengenai 8 macam format gambar Photoshop yang bisa anda gunakan sebagai refrensi kerja dalam dunia grafis bitmap maupun vector sehingga dapat mengetahui sekilas tentang fungsi-fungsi kegunaan dari format gambar yang sering digunakan ketika menggunakan Adobe Photoshop.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "8 Format Gambar Photoshop Yang Sering Digunakan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel