Cara Mengubah RGB atau CMYK di Photoshop (Mode Color)

Mode Color RGB dan CMYK pasti sering anda jumpai ketika mendesain atau manipulasi foto dengan software vector dan juga bitmap, seperti contohnya Adobe Ilustrator dan Adobe Photoshop. Kedua jenis mode warna desain ini sangat penting dan jika salah penerapan berakibat buruk pada karya anda. Ketahui dahulu apa perbedaan keduanya.


Perbedaan RGB dan CMYK


RGB (Red Green Blue) terdiri dari tiga warna dimana merujuk pada output tampilan display layar perangkat elektronik yang terdiri dari 3 cell warna. 

Sedangkan CMYK (Cyan Magenta Yellow blacK) yang terdiri dari empat warna, karena merujuk pada system percetakan agar mendapatkan hasil relatif sempurna yang menggunakan 4 tinta warna.

Setiap desain pasti memiliki tujuan dan kegunaan tersendiri apakah design akan di cetak atau desain hanya akan di peruntukan untuk media digital, seperti di posting di sosial media, fb story, instagram, wa story dan alat elektronik dengan dispay maka mode color yang tepat adalah RGB.

Begitu juga CMYK yang memiliki fungsi tersendiri yaitu mode color yang dipergunakan ketika akan sebuat desain media cetak seperti print, sablon atau cetak di vendor percetakan dengan hasil seperti MMT, flayer, Billboard dan banner maka mode color CMYK tepat untuk di pergunakan.

Barangkali anda lupa mengenai cara mengganti mode color dari CMYK ke RGB atau sebaliknya dari Color RGB ke CMYK pada Adobe Photoshop mudah saja, berikut langkah-langkah mengganti mode warna pada Photoshop CS 6 hingga yang terbaru Photoshop CC 2021.


Cara Mengubah RGB atau CMYK di Photoshop


Jika di awal projek photoshop anda bisa memluai dengan File - New (Ctrl+N) pada mode color select RGB/CMYK.

Sedangkan jika ingin mengubah pada pertengahan proses desain atau akhir desain foto bisa lakukan cara berikut.

Sebelum melakukan perubahan untuk mengetahui Layout desain anda sedang berada pada mode color yang mana mudah saja, Anda tinggal melihat pada Tab layout seperti gambar dibawah.

Cara Mengubah RGB atau CMYK di Photoshop (Mode Color)

1. Jika ingin mengganti dari RGB ke CMYK atau sebaliknya
2. Klik menu Image – Mode – pilih RGB Color / CMYK Color.

Cara Mengubah RGB atau CMYK di Photoshop (Mode Color)

3. Selanjutnya akan muncul persetujuan untuk ubahan mode Flatten Image pilih "Don't Flatten"

Cara Mengubah RGB atau CMYK di Photoshop (Mode Color)

4. Begitu juga jika muncul persetujuan untuk Rasterize Layer pilih "Don't Rasterize"

5. Dan terakhir akan muncul perintah perubahan pilih klik OK.

Cara Mengubah RGB atau CMYK di Photoshop (Mode Color)

Selesai, selanjutnya anda bisa cek kembali pada sisi tab Layout apakah sudah berganti menjadi RGB / CMYK sesuai ubahan yang Anda lakukan?

Cara Mengubah RGB atau CMYK di Photoshop (Mode Color)

Anda bisa mengubah mode color baik di awal proses mendesain, tengah proses desain maupun akhir desain Anda dan tentunya sesuai untuk peruntukanya. Demikian sedikit penjelasan tentang merubah mode RGB ke CMYK pada Adobe Photoshop.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Mengubah RGB atau CMYK di Photoshop (Mode Color)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close