Settingan Ukuran Kertas F4 (Folio) di Microsoft Word Untuk Print

Cara mengatur atau men-setting ukuran kertas F4 (Folio) di Microsoft Word secara permanen atau bisa juga hanya untuk keperluan Print. Jika anda seorang yang sering mengoperasikan MS Word ketika mengerjakan tugas untuk pelajaran, kuliah atau pembuatan makalah maka format F4 pasti sering dibutuhkan selain ukuran kertas A4.

Ukuran layout F4 atau di kedai Foto copy & print orang umum menyebut dengan ukuran Folio ini merupakan ukuran yang mirip dengan kertas A4 hanya saja ukuran F4 sedikit lebih memanjang, kurang lebih 4 Cm lebih panjang dari dimensi tinggi (Height) sehingga mirip dengan ukuran kertas F4 folio atau folio saja. Ukuran ini juga menjadi kelebihan tersendiri karena bisa menampung kata atau paragraf lebih banyak dalam satu lembar kertasnya.

Sedangkan umumnya secara default Microsoft Word 2010, 2013, 2016 atau versi lain secara default memposisikan ukuran kertas layout kedalam dimensi HVS A4, dan ketika hendak membutuhkan dokumen yang di cetak lebih memanjang maka perlu mengatur ukuran layout menjadi Folio.

Karena itu jika anda mencari informasi setingan kertas F4 di sini zotutorial membagikan bagaimana cara mengatur ukuran kertas layout di microsoft word agar menjadi Folio/F4 ini, dan tentunya jika sobat akan melakukan print out maka harus sedia kertas HVS ukuran format folio juga. Bagaimana cara dan langkah men-setting ukuran kertas menjadi ikuti urutan caranya dibawah ini.


Settingan Ukuran Kertas F4 (Folio) di Microsoft Word 2013, 2016, 2019


1. Buka dokument yang telah tersedia atau New Blank Page Microsoft Word.
2. Pada tab Menu Layout – klik SizeMore Paper Sizes.

Settingan Ukuran Kertas F4 (Folio) di Microsoft Word Untuk Print by zotutorial

3. Maka akan muncul Page Setup selanjutnya scroll dan stel Paper Size pada posisi Custom size.

Settingan Ukuran Kertas F4 (Folio) di Microsoft Word Untuk Print by zotutorial

4. Masukan nilai pada masing-masing kolom Width (Lebar) & Height (Tinggi) kertas dengan ukuran sebagai berikut ini, dan jika sudah klik OK.


Dimensi Ukuran kertas F4 di Word dalam Centimeter (Cm)
- Lebar (Width) : 21.5 cm    x    Tinggi (Height) : 33 cm

Dimensi  Ukuran kertas F4 di Word dalam Inch
- Lebar (Width) : 8.5" inch  x   Tinggi (Height) : 13" inch

Dimensi  Ukuran kertas F4 di Word dalam Milimeter (mm)
- Lebar (Width) : 215 mm   x   Tinggi (Height) : 330 mm


Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 (Folio) di Microsoft Word Agar Permanen?


Jika kamu mengingintan ukuran yang telah kamu buat ini akan tampil secara permanen pada saat membuat New Blank Dokument maka kamu perlu melakukan langkah tambahan setelah menerapkan cara seperti diatas.

Yaitu setelah mengubah ukuran jadi F4 Folio pada bagian bawah klik dibagian Set As Default
Jika muncul pop-up persetujuan klik Yes, selesai dan ukuran dokumen akan Folio secara default.

Settingan Ukuran Kertas F4 (Folio) di Microsoft Word Untuk Print by zotutorial


Mengembalikan Default Menjadi A4 Lagi Bagaimana ?

Kamu tinggal klik di Paper Size menjadi A4 kemudian klik Set As Default. Berlaku juga untuk format ukuran lainya seperti Legal, Letter, A3 dan sebagainya.

Perlu sobat ketahui juga bahwa ukuran F4/ Folio dengan Legal berbeda, yaitu lebih panjang lagi dan sedikit lebih lebar, dimensi untuk Legal sebagai berikut (Width : 21.59 cm x Height : 35.56 cm).


Selain itu sebelum print, pastikan kertas HVS atau paper saat mencetak ukuranya sama dengan format dimensi yang telah kamu setting, karena jika kertasnya terlalu kecil maka hasil akan terpotong dan anda harus setting kembali melalui pengaturan print.

Biasanya pada bungkus HVS per pak nya pada bagian atas akan ditampilkan informasi dari dimensi ukuran kertas tersebut. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Settingan Ukuran Kertas F4 (Folio) di Microsoft Word Untuk Print"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close