Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+

Tutorial membuat Cap Stempel dengan CorelDraw lengkap gambar. CorelDraw merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang multiguna, karena bisa menghasilkan desain gambar beragam keperluan berkas, tugas sekolah, sticker, undangan kartu nama, mug, sovenir dan konten promosi seperti periklanan banner dan masih banyak lagi. Seperti juga bisa digunakan untuk membuat pemodelan cap stempel yang biasa di bubuhkan pada suatu dokumen lembar kerja.


Fungsi Stempel

Desain Stempel seringkali digunakan pada dokumen di lembar pengesahan atau lembar persetujuan pada suatu berkas. Dengan diberinya cap stempel maka legalitas suatu dokumen ada terlihat bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan, karena telah di setujui dan di ketahui oleh suatu perusahaan lembaga atau instansi pemberi cap stempel tersebut.

Cap stempel (stamp) biasa anda jumpai pada beragam keperluan dan dokumen yang berkaitan dengan legalitas salah satunya adalah sertifikat, cap perusahaan dan undangan resmi suatu lembaga maka ketika mendapatkan dokumen tersebut akan diberi cap stempel. Selain itu juga ijazah legalisir ijazah, skck, berkas kepengurusan RT juga menggunakan cap.

Nah di tutorial kali ini akan di tunjukan bagaimana cara membuat pola cap stampel sederhana yang bisa juga untuk di buatkan kepala cap ke tukang cetak cap stempel atau hanya sekedar membuat efek cap stempel visual digital untuk dokument digital.

Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+


Langkah langkah tutorial ini menggunakan CorelDraw 2020 jadi jika sobat menggunakan versi coreldraw yang lain misalnya Coreldraw X7 arau CorelDraw X8 dan lainya caranya tetap sama saja. Variasi ukuran stempel beragam dan standarnya mulai daro 17 mm untuk ukuran terkecil hingga paling besar 51 mm.


Langkah Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw 2020

1. Buat lingkaran sempurna menggunakan Ellipse Tool dengan bantuan Ctrl klik drag.
2. Setelah terbentuk lingkaran dasar, tekan tahan Shift klik kiri lingkaran tarik kedalam dan klik kanan baru lepas kedua klik. Maka akan tercetak lingkaran baru di dalam.
3. Atur ketebalan Outline dicontoh ini menggunakan 4.0 pt.
4. Klik lingkaran bagian dalam + Shift + Lingkaran luar, di bagian atas pilih Back minus front.

Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+


5. Buat persegi panjang dan letakan di tengah lingkaran tersebut klik kotak + Shift + lingkaran, lalu pilih wield, maka akan menyatu.

Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+


6. Buat teks untuk mengisi tulisan dalam lingkaran tersebut, pilih jenis font yang tebal, kemudian klik menu Text pilih Fit Text to Path.

Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+


7. Arahkan panah pada atas lingkaran tepat di tengah-tengah, dan atur besar ukuran font.

Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+


8. Lakukan hal serupa untuk text bagian bawah cap stempel.

Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+


9. Beri text juga untuk posisi tulisan di tengah stempel atur ukuran, dan selesai.

Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+


Pastikan membuat sesuai dengan format cap jika untuk instansi resmi seperti perkantoran, model cap stempel diatas hanya sebagai contoh saja yang bisa anda kembangkan lagi. Jika masih bingung tentang cara memberi potongan pada objek coreldraw bisa baca DI SINI.


Membuat Cap Stempel di CorelDraw Untuk Manipulasi Dokumen?

Tentu bisa juga, hanya saja sedikit polesan lagi dengan menambah noise pada stempel yang sudah dibuat. Hanya saja cara manipulasi dokument merupakan tindakan yang menyalahi aturan dan berpotensi fraud. Karenanya kamu bisa menggunakan dengan bijak dan konsekuensi yang di sadari.

  • Caranya dengan seleksi semuanya Ctrl+A - klik kanan pilih Convert to Curves.
  • Kemudian menggunakan menu Effects – Distort – Blocks.
  • Atur senatural mungkin efek samar-samar pada nilai Block Width, Block Height dan Max Offset.
  • Beri warna sesuai misalkan biru tua, atau merah yang umum digunakan untuk cap.
  • Hasilnya akan seperti gambar di awal tutorial.


Nah itu dia sedikit pembahasan tentang materi cara membuat cap stempel yang bisa kamu tiru dengan menggunakan CorelDraw 2020. Jika kamu tertarik silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Cap Stempel Dengan CorelDraw Lengkap Gambar 6+"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close