Membuat Double Outline Teks/Tulisan di CorelDraw 2020 Terbaru

Tutorial membuat double outline teks/tulisan di CorelDraw 2020 terbaru seperti yang sudah pernah di bahas pada bahasan yang lalu tetapi dengan software editing yang berbeda yaitu adobe photoshop tentang membuat double garis Outline Tulisan di Adobe Photoshop, dengan tool yang digunakan adalah stroke pada layer style. Maka di tutorial kali ini adalah tutorial bagaimana cara membuat double outline pada coreldraw 2020.

Double Outline CorelDraw

Outline atau garis batas tepi (border) dalam membuat suatu design teks terkadang kita memerlukan warna border tulisan yang tebal dengan warna yang berbeda, sebenarnya caranya mudah saja ketika kita hendak mempertebal tepian pada usatu teks atau tulisan tinggal klik kanan pada palette warna, tetapi bagaimana jika kita menginginkan border outline tulisan yang tebal. Maka kita memerlukan fitur dengan nama Contour Tool pada coreldraw.

Dengan menggunakan fitur contour tool coreldraw maka hasil desain tulisan akan menampakan efek batas tepi (outline) tulisan dengan pola contour offset yang bisa dibuat mulai satu lapis dua lapis hingga berapa pun sesuai dengan kebutuhan jumlah outline yang akan di butuhkan pada setiap desain tulisan. Akan tetapi pada umumnya pengguna akan memberi outline sebanyak 2 hingga 3 lapis saja pada contour steps. Penerapan yang paling umum dari pembuatan double outline teks/tulisan coreldraw biasanya adalah pada percetakan desain sticker, kaos dan brosur.

Mengenai fungsi dari mempertebal border adalah agar tulisan pada suatu desain lebih terlihat dinamis dan tajam biarpun dilihat dari kejauhan. Selain itu juga agar tidak bentrok dengan kemiripan warna dibelakang tulisan yang di pertebal maka cara yang tepat adalah menggunakan metode 3D dan juga outline seperti contoh kali ini. Jika kamu pengguna versi CorelDraw X7 atau dibawahnya bisa menyesuaikan saja karena tidak akan jauh berbeda dari segi user interface dan penggunaanya.

Tutorial Membuat Double Outline Teks/Tulisan di CorelDraw 2020

Pembuatanya cukup mudah dah cepat karena kamu hanya perlu beberapa klik saja untuk membuatnya menjadi seperti contoh berikut.

  1. Buat tulisan sesuai kebutuhanmu dan gunakan jenis font yang tebal dan berkarakter.
  2. Beri warna dasar pada tulisan menggunakan palette warna di sisi kanan lembar kerja.
  3. Pilih Contour - klik pada tulisan dan drag keluar.
  4. Atur ketebalan line pertama di contoh ini menggunakan radius ketebalan 3.5 mm, klik enter.
  5. Dan terakhir kamu ubah nilai 1 menjadi 2 pada Contour Steps seperti gambar bergerak berikut ini.


Kamu bisa ubah warna outline juga pada Fill Color dengan icon cat tumpah.

Akhir Kata

Menjadi mahir dalam bidan desain grafis memang membutuhkan ketelatenan, disamping harus selalu menciptakan ide-ide yang kreatif yang terus di ciptakan juga ketekunan dalam setiap langkah demi langkah hingga akhirnya menjadi profesional di bidang desain. Contoh dalam membuat double outline teks/tulisan di CorelDraw ini hanyalah salah satu bagian dari proses pembelajaranmu untuk menambah pengetahuanmu dan skill mendesign.

Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Double Outline Teks/Tulisan di CorelDraw 2020 Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close