Membatasi atau Blok Izin Akses (Permission) Aplikasi di Android

Persetujuan Izin Akses (Permission) aplikasi di android pasti sering kalian temui saat mengoperasikan sistem operasi dengan logo robot hijau ini, tapi tahukan kamu apa fungsi dari permission aplikasi di android itu sendiri? Dan bagaimana cara membatasi atau blok izin akses yang tidak diperlukan? Mari simak ulasan zotutorial berikut ini.

Apa Permissions Aplikasi Itu ?

Permission atau izin akses atau hak akses merupakan aktivitas perizinan yang ada pada suatu aplikasi atau perangkat lunak untuk bisa mengakses informasi dan sumber daya (resources) yang ada pada sistem host atau sistem yang di inanginya, dalam hal ini yang menjadi host adalah OS Android yang kamu gunakan.

Jadi bila di analogikan android mu adalah rumah dan aplikasi android adalah seorang yang bekerja sebagai teknisi untuk mengurus bagian luar rumah, teknisi tersebut tidak di izinkan masuk rumah melalui pintu tanpa izin akses (permission) yang diberikan oleh sang pemilik padahal teknisi tersebut membutuhkan kabel yang di dalam rumah untuk mengaliri listrik sesuai dengan fungsi pekerjanya. Maka diberilah 1 izin akses untuk membuka salah satu pintu masuk rumah kepada sang teknisi.

Nah disini semakin banyak izin yang bisa diberikan oleh sang pemilik rumah maka sang teknisi tersebut dapat leluasa keluar-masuk ke berbagai pintu lain yang ada dan mengambil resource (sumber daya) yang ada di dalam rumah tersebut. Coba bayangkan teknisi tersebut jahat maka akan mengambil barang-barang penting dan pribadi yang ada di dalam rumah tersebut.

Dengan analogi tersebut sudah sedikit paham? Demikin juga dengan aplikasi android yang kamu gunakan semakin banyak izin akses yang di dapat semakin leluasa mengambil sumber daya yang ada di ponsel pintarmu.

Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi yang ada di sumber resmi sekalipun tidak sepenuhnya aman, ini terbukti dari beberapa waktu lalu juni 2020 google telah menghapus 36 aplikasi kamera yang dianggap berbahaya, karena mengandung program jahat berupa Adware dan disinyalir mengarahkan pengguna ke URL yang tidak aman. Tidak hanya itu saja penyedia aplikasi si robot hijau ini sebelumnya juga telah membabat beberapa aplikasi yang dianggap berbahaya untuk pengguna. Tetapi bukan berarti lepas tangan, google tetap konsisten dan terus memperbaiki serta memonitor apps yang dimilikinya. Jadi bayangkan saja kerentanan yang lebih parah jika kalian mendownload di situs tidak resmi.

Perlu Curiga!

Kamu juga perlu curiga bila pada aplikasi yang kamu download memerlukan akses ke bagian yang tidak seharusnya diakses oleh aplikasi. Misalkan aplikasi musik video atau audio player tapi kenapa memerlukan akses ke kontak nomor hp maka sebaiknya kamu memblokir izinnya jika diperlukan, dan hal ini berlaku untuk aplikasi jenis lain.

Membatasi Izin Akses Aplikasi Android

Sebagai contoh adalah izin akses pada WhatsApp, maka kamu akan melihat beberapa akses yang dibutuhkan oleh aplikasi.

  • Pertama yang mesti kamu lakukan adalah tekan dan tahan pada ikon aplikasi yang akan dibatasi izinya
  • Setelah itu kamu klik information (i) dan pilih App Permissions

Membatasi atau Blokir Izin Akses (Permission) Aplikasi di Android
Contoh permissions pada aplikasi Whatsapp Android 
Fitur ini dapat anda jumpai pada versi android lollipop keatas. Jika kamu ingin memblokir salah satu izin akses maka klik switch off tombol yang ada di izin permission tersebut. Dengan begitu segala request aplikasi terhadap android sebagai host akan di blokir oleh sistem android tersebut.

Misalkan anda membatasi akses lokasi, maka whatsapp tidak akan bisa membaca lokasi anda, begitupun jika storage maka WA tidak bisa mengmbil dan menyimpan foto atau video pada perangkat androidmu sampai kamu memberi izin kembali.

Jika Tidak Muncul Opsi Ketika Tekan Tahan ?

Jika smartphone androidmu tidak support dengan cara diatas, maka kamu perlu melakukan langkah ini.

  • Settings - aplikasi terinstal (installed app) - cari dan buka aplikasi yang akan dibatasi maka akan di tampilkan app permission seperti diatas.
  • Bisa juga Settings - Permissions jika smartphone androidmu telah menyediakan, dan akan di tampilkan berdasarkan kategori izin.


Jangan Lupa!

Pastikan kamu menginstal aplikasi pada sumber resmi dan terpercaya seperti Google Play dan App Store agar terlindungi dari izin akses tambahan dan modifikasi yang berbahaya untuk keamanan data pribadi anda.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membatasi atau Blok Izin Akses (Permission) Aplikasi di Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close