Lengkap 7 Cara Menduplikat Layer di Adobe Photoshop Terbaru | Tutorial Ps

Adobe Photoshop CC salah satu software editing paling populer ini tidak terlepas dari salah satu komponen pentingnya yaitu layer. Karena setiap kali membuat atau mengedit suatu gambar objek foto di photoshop pasti akan menggunakan layer ini. Dengan menggunakan layer pada adobe photoshop membuat pekerjaan editing kamu akan terasa lebih mudah. Tapi sebenarnya apa sih layer itu mari simak ulasan berikut.

Apa Layer Photoshop Itu?

Layer adalah suatu lapisan pada lembar kerja suatu perangkat lunak (software), karena dalam kasus ini adalah layer pada photoshop maka sejatinya proses editing di photoshop terdiri dari tumpukan beberapa objek yang tersusun menjadi satu, jika di ibaratkan seperti kue lapis jadi objek yang paling atas akan menutupi objek di bawahya (tertimpa) dan begitu seterusnya hingga backgrond atau layer dasar, itulah sedikit gambaran dari layer photoshop.

Dengan menduplikat atau menggandakan layer layer, suatu pekerjaan editing foto gambar akan menjadi lebih terstruktur dan terkontrol, ini sangat membantu sekali terutama dalam pengeditan dan penambahan beberapa objek yang kompleks. Terlebih manipulasi ilusi foto yang profesional pasti bisa membutuhkan hingga puluhan layer dalam 1 hasil karyanya.

Jadi sebenarnya proses menduplikasi ini sama dengan menggandakan suatu objek, sehingga cara untuk menduplikasi layernya bisa dilakukan dengan beragam cara dan berikut 7 cara menduplikat layer di Adobe Photoshop Terbaru yang harus kamu ketahui.

Cara 1 ( Pintasan Keyboard Ctrl + J )

Ini umum dilakukan karena dirasa cepat dan mudah, yaitu melalui pintasan keyboard dengan menekan tombol Ctrl + J dan seketika objek akan terduplikat secara otomatis di layer baru.

Cara 2 ( Drag ke Icon Create a New Layer )

Ini juga cukup mudah, dengan klik seret tahan dan lepaskan drag & drop pada Create New Layer, icon (+) jika photoshop terbaru dan icon kertas terlipat pada photoshop versi lama, seperti gambar dibawah ini.

Lengkap 7 Cara Menduplikat Layer di Adobe Photoshop Terbaru

Cara 3 ( Tombol Layer Options )

Klik dahulu layer yang akan diduplikat, dan di pojok kanan atas, klik itu maka akan muncul Duplicate Layer, maka layer baru akan terbentuk.

Lengkap 7 Cara Menduplikat Layer di Adobe Photoshop Terbaru | Tutorial Ps

Cara 4 ( Klik Kanan Layer )

Ke empat cara ini juga termasuk mudah dengan cara klik layer yang akan di duplikasi kemudian klik kanan dan akan muncul Duplicate Layer, seperti cara 3 diatas.

Lengkap 7 Cara Menduplikat Layer di Adobe Photoshop Terbaru | Tutorial Ps

Cara 5 ( Ctrl + ALT dan Klik Drag )

Ini juga praktis caranya tekan tombol CTRL + ALT pada keyboard klik gambar objek atau foto di lembar kerja (bukan di layer), tahan geser dan lepaskan maka gambar akan terduplikasi secara otomatis menjadi layer baru.

Cara 6 ( Menu Bar Layer )

Melalui menu bar Layer Adobe Photoshop di bagian paling atas kamu bisa melihat Layer klik dan temukan Duplicate Layer, cara inu juga bisa digunakan untuk menduplikat layer.

Lengkap 7 Cara Menduplikat Layer di Adobe Photoshop Terbaru | Tutorial Ps

Cara 7 ( Rectangular Tool, Lasso Tool, dll)

Ketika kamu sedang menggunakan Rectangular Marquee Tool dan lain-lain seperti icon-icon tool dibawah ini maka bisa lakukan klik kanan pada gambar objekmu dan kamu bisa langsung menduplikasi layer seketika.

Cara Menggandakan Layer di Photoshop CC Terbaru

Dari 7 Cara menduplikat layer di Adobe Photoshop CC 2020 ini sekarang kamu menjadi tahu dan kalian bisa memilih dengan cara yang mana kamu akan terapkan saat editing foto. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Lengkap 7 Cara Menduplikat Layer di Adobe Photoshop Terbaru | Tutorial Ps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close