7 Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone Android Begini Caranya

Menghemat Daya Baterai Smartphone Android memang susuah-susah gampang. Kehabisan Daya Baterai merupakan hal yang menyebalkan terlebih jika tidak tersedia colokan listrik apa lagi tidak membawa powerbank disaat urgent, atau mungkin juga daya powerbank yang telah menipis, hingga berfikir mengapa baterai smartphone android sangatlah boros? Karena itulah pada artikel ini akan saya bagikan 7 Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone Android. Tips ini di tujukan agar baterai Android kamu tidak terlalu boros dan kehabisan baterai setiap saat.

Ponsel smartphone android mungkin sudah menjadi kebutuhan di setiap saat dan setiap waktu bagaimana tidak, karena hampir segala sesuai dapat kita lakukan melalui ponsel cerdas ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan manusia sekarang mulai banyak yang ketergantungan kepada smartphone mereka dan ingin untuk selalu memainkan atau memegang Smartphone Android yang mereka punya.

Padahal Faktanya smartphone android bukanlah sebuah alat yang bisa digunakan terus menerus tanpa adanya daya dari baterai. Hp Android yang terus menerus digunakan dengan jangka pemakaian yang sangat lama akan sering sekali mengalami kehabisan Baterai dan pada akhrinya mati drop. Untuk itu agar sedikit mengurangi resiko kerusakan baterai HP android drop di saat-saat penting digunakan, disini zotutorial sudah menyiapkan 7 Tips Menghemat Baterai Android yang akan diulas berikut ini.

7 Tips Cara Menghemat Daya Baterai Smartphone Android


7 Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone Android

1. Meredupkan Kecerahan Layar (Screen) Android

Kecerahan layar atau Brightness Screen pada layar android merupakan sesuatu yang sangat membebani daya Baterai smartphone. Display yang terlalu terang merupakan salah satu penyebab borosnya baterai karena menggunakan energy yang banyak pula untuk hanya untuk menghidupkan Display menjadi sangat terang. Karena itu silahkan anda atur intensitas cahaya menurut lingkungan anda, bila cahaya redup atau malam hari dapat menurunkan ke titik pencahayaan minimal dan sebaliknya pada kondisi terang, atau bisa juga mengaktifkan fitur Auto Brightness bila ponsel anda mendukung.

2. Kualitas Pada Jaringan Internet

Semakin bagus kualitas internet semakin hemat pula daya baterai dan apabila cakupan jaringan provider internet untuk tempat anda buruk maka akan menghabiskan daya yang besar pula, ini karena smartphone akan bekerja ekstra untuk menangkap sinyal yang lemah, jadi bila kualitas jaringan internet di daerah anda lemah gunakanlah pada jaringan E atau 2G saja, dan bila kualitas internet 4G di tempat anda kurang bekerja maksimal dapat di turunkan ke 3G. dan pastikan gunakan paket data pada provider yang maksimal dapat menjangkau daerah anda.

3. Aktifkan Fitur Power Saver

Ini berlaku jika android anda memiliki fitur power saver, maka gunakanlah fitur tersebut. Dengan adanya fitur power saver ini Smartphone akan bekerja dengan jumlah daya yang rendah. Namun perlu di ingat jika sobat mengaktifkan menu ini maka Android sobat akan berjalan sedikit lebih lambat saat menjalankan beberapa aplikasi secara multitask atau bermain game besar maka tidak disarankan untuk mengaktifkan fitur ini, aktifkan fitur ini ketika dalam keadaan urgent daya dan hanya menggunakan 1 atau 2 aplikasi saja.

4. Matikan Data Seluler Saat Tidak Digunakan

Jika kamu tidak sedang menggunakan ponsel android dalam beberapa lama misalkan tidur, menggadiri acara penting atau hal lainya alangkah baiknya untuk mematikan koneksi internet anda atau memutuskan sambungan data sehingga daya baterai anda tidak habis sia-sia. Jika memutus koneksi data ini smartphone anda tetap dapat menerima pesan SMS dan panggilan telepon. Atau bila diperlukan matikan saja smartphone anda.

5. Aktifkan Airplane Mode

Mengaktifkan fitur ini juga cukup efektif untuk menghemat daya baterai pada smartphone android, dengan menggunakan mode airplane di Android maka akan menghilangkan semua sinyal dan menghentikan aktivitas penerimaan dan pemancaran sinyal. Dengan demikian berhentinya 2 proses tersebut maka konsumsi daya baterai untuk melakukan koneksi tersebut akan terhenti sehingga tidak akan lagi daya terserap untuk mengoperasikan data.

6. Hapus Recent Apps Android

Hal ini juga penting mengingat aplikasi yang telah kita gunakan dan telah menutupnya maka apps tersebut tetap berjalan pada background system android anda akan terus memerlukan daya biarpun anda tidak lagi memakainya, pastikan bersihkan Recent Apps yang berjalan pada system anda jika anda tidak menggunakan.

7. Nonaktifkan Sinkronasi

Pada sejumlah brand smartphone menyematkan fitur matikan sinkronasi, ini berfungsi untuk mematikan sementara sinkronasi antara smartphone dengan google akunmu jadi aktivitas notifikasi dan pesan masuk email Gmail pun juga akan off untuk sementara. Sehingga tidak ada aktivitas sinkronasi dalam background dan tentunya ini dapat menghemat daya baterai smartphone android.

Itulah 7 Tips Cara Menghemat Daya Baterai pada Smartphone Android yang sering kali terabaikan dan tentunya ini bisa kamu coba terapkan pada ponsel Android milikmu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat | zotutorial.com
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "7 Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone Android Begini Caranya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close