Tutorial Membuat Pola Jaring Menggunakan CorelDraw X7

Zona Tutorial - Kembali lagi dengan ulasan seputar CorelDraw, kali ini saya akan membagikan cara membuat pola seperti jaring yang biasanya ini dibuat untuk custom background suatu desain atau tambahan motif pada background banner, Pola jaring sendiri yaitu pola yang tersusun dari garis-garis kecil panjang yang bergelombang menjadi satu kesatuan sehingga membentuk seperti jaring atau jala nelayan, mungkin sobat punya sebutan lain untuk pola ini bisa dituliskan pada komentar di bawah.

Dari judul diatas dalam membuat tutorial ini saya menggunakan Corel X7, namun saya tidak mengharuskan sobat menggunakan CorelDraw versi X7, anda dapat menggunkaan versi berapapun baik versi diatas maupun dibawah saya. Berikut adalah contoh pola jaring yang telah saya buat.

Tutorial Membuat Pola Jaring Menggunakan CorelDraw X7

Mari langsung saja simak tutorial berikut dengan cermat dan teliti disetiap langkahnya agar hasil sesuai dengan contoh.

Tutorial Membuat Desain Pola Jaring Mengguakan CorelDraw X7

Langkah Pertama
Buka CorelDraw sobat, buka lembar kerja baru dan buat dua buah garis bebas bergelombang. Tetapi jangan sama bentuk, buat pola garis dengan bentuk berlawanan seperti gambar dibawah, saya meggunakan Freehans tool (F5) untuk membut garis ini. sobat juga bisa membuat garis dengan menggunakan tool yang lain seperti B-Spline Tool, Bezier Tool, Polyline Tool.

Tutorial Membuat Pola Jaring Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Kedua
Setelah garis terbentuk selanjutnya klik menu Blend Tool, selanjutnya Klik Kiri tahan pada garis yang ada di bawah kemudian Tarik ke garis diatasnya lalu lepas, maka akan terbentuk seperti ini. bisa juga tarik dari atas kebawah. Bila gagal coba lagi hingga seperti pada gambar.

Tutorial Membuat Pola Jaring Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Ketiga
Kok cuman sedikit pola garis yang mengikuti ? tenang sobat, anda dapat mengatur jumlah pola duplikatnya dengan mengubah nominal angka di kotak yang saya beri warna merah seperti gambar dibawah ini. semakin tinggi semakin banyak, pada contoh saya mnggunakan 30 garis dupikat dari yang sebelumnya hanya 3.

Tutorial Membuat Pola Jaring Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Keempat
Setelah garis yang sesuai terbentuk sesuai keinginan, usahakan jarak jangan terlalu renggang dan terlalu berhimpit. Lalu klik garis pada bagian Paling Bawah - Klik Kiri tahan - Tarik ke atas sesuai kebutuhan lalu lepas. Maka akan seperti berikut ini.

Tutorial Membuat Pola Jaring Menggunakan CorelDraw X7

Langkah Kelima
Kok kecil mas, agar lebih jelas scroll pada mouse untuk zoom agar terlihat besar, selanjutnya beri warna dengan cara - Klik Kiri satu kali pada garis Paling Bawah - Klik Kanan pada kolom kotak warna yang ada di sisi kiri. Lakukan hal serupa pada garis Paling Atas, dengan warna yang berbeda.

Tutorial Membuat Pola Jaring Menggunakan CorelDraw X7

Selesai, jangan lupa Group Object dengan cara seleksi menyeluruh dan klik CTRL+G, itulah lima langkah mudah untuk membuat pola jaring menggunakan CorelDraw, selanjutnya sobat dapat memperbesar seize pola tersebut atau memotong pada bagian tertentu saja dengan menggunakan crop tool, dan siap di terapkan pada background desain dengan digabungkan dengan objek-objek desain lainya.

Demikian sedikit tutorial yang dapat saya bagikan kali ini tentang cara membuat pola jaring menggunakan CorelDraw X7 tentunya sobat dapat membuat pola seperti ini yang lebih unik sesuai ide yang sobat ciptakan, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Membuat Pola Jaring Menggunakan CorelDraw X7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close