Tutorial Membuat Efek Sensor Foto dengan CorelDraw

Zona Tutorial - Hallo sobat blogger, Kembali lagi dengan tutorial menggunakan coreldraw, dimana coreldraw ini merupaka aplikasi berbasis Vector yang sangat umum digunakan selain AI dan photoshop. Untuk prioritas penggunaanya sendiri tergantung kebutuhan tentunya untuk manipulasi atau menggambar suatu objek. Penggunaan CorelDraw merupakan salah satu yang popular ditengah masyarakat saat ini bisa kita lihat di jasa percetakan maupun sekolah grafis karena penggunaanya yang mudah. Kalu saya pribadi masih sering menggunakan CorelDraw dari pada Adobe Ilustrator maklum masih pemula sob :D

Kembali ke topik tentang judul diatas, alasan kita untuk memberi efek sensor pada sebuah gambar atau foto biasanya adalah sesuatu yang tabu, tidak patut maupun tidak pantas untuk dipublikasikan sebagai konsumsi khalayak umum contohnya korban kecelakaan, korban kejahatan anak dibawah umur, tersangka dan lain sebagainya, adapun cara memberi efek sesor dalam sebuah foto dapat dilakukan menggunakan berbagai aplikasi namun kali ini saya akan membagikan tutorial cara memberi efek sensor foto menggunakan software Coreldraw, saya menggunakan versi CorelDraw X7 mari simak tutorial berikut ini :

Baca juga “Tutorial Mengganti Warna Baju Menggunakan Photoshop

Tutorial Cara Membuat Efek Sensor dengan CorelDraw :

Langkah Pertama
Buka CorelDraw dan siapkan gambar yang akan di edit setelah itu klik File - Import atau juga bisa drag drop pada lembar kerja CorelDraw. Gambar wanita yang saya gunakan sebagai contoh kali ini telah bebas copyright (hak cipta).

Langkah Kedua 
Pada tutorial ini saya akan mencontohkan untuk mensensor pada bagian mata, dan akan membuat objek baru berbentuk kotak dengan menggunakan Rectangle Tool, sobat dapat menggunakan Ellipse Tool, Bezier Tool atau Freehand Tool disesuaikan dengan keinginan sobat untuk membentuk bagian yang akan di sensor.

Tutorial Membuat Efek Sensor Foto dengan CorelDraw

Langkah Ketiga
Setelah bagian terbentuk langkah selanjutnya seleksi kedua objek antar kotak dengan foto atau bisa CTRL+A kemudian klik Intersect pada property bar. Delete objek kotaknya (Yang Berwarna Hitam), jika proses intersect berhasil maka akan menghasilkan gambar baru sesuai bagian yang dibentuk dalam hal ini objek baru saya berbentuk persegi (Klik dan seret untuk mengetahui apakah objek telah terbentuk lalu CTRL+Z untuk mengembalikan). Seperti gambar dibawah ini, klik untuk memperbesar.

Tutorial Membuat Efek Sensor Foto dengan CorelDraw

Langkah Keempat
Usahakan objek baru jangan sampai bergeser dari posisi aslinya! Langkah selanjutnya klik pada menu, Bitmaps - Distort - Pixelate. Maka akan muncul kotak dialog Pixelate kemudian silahkan atur parameter tersebut sesuai kebutuhan. Jika dirasa cukup klik OK.

Tutorial Membuat Efek Sensor Foto dengan CorelDraw

Selesai, gimana sob mudah bukan, sekian tutorial kali ini tentang cara untuk membuat sensor pada foto atau gambar dengan menggunakan software vector CorelDraw nantikan tutorial-tutorial dari zona tutorial selanjutnya, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan selamat mencoba..

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Response to "Tutorial Membuat Efek Sensor Foto dengan CorelDraw"

  1. Terima kasih sangat membantu sekali mas. Sukses terus mas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close