Cara Menonaktifkan dan Menghidupkan AutoPlay di Windows 10, 8.1



zotutorial.com - 2 Cara menonaktifkan AutoPlay pada Windows baik di windows 10, 8.1, 7 cara nya relatif sama, mungkin dari sobat ada yang belum tau apa itu AutoPlay? akan penulis sharing sedikit informasi tentang fitur bawaan windows ini beserta cara kerjanya.

AutoPlay adalah fitur default yang disediakan oleh windows yang bekerja secara otomatis menjalankan piranti ketika hardware dari luar di colokan melalui port yang ada pada personal komputer Anda, seperti USB FlashDisk, Hard Disk, Mouse CD Room dan lain sebagainya yang bersifat Plug and Play, biasanya akan muncul kotak Dialog pada interface windows yang disediakan pilihan membuka fitur yang di ingikan.

Selain bermanfaat untuk pengguna, fitur autoplay ini pun juga menjadi kendala pengguna bilamana biasanya flashdisk yang sering di colok dari komputer luar, misal warnet/komputer teman sobat yang terinfeksi Virus, ketika di colokan ke perangkat sobat, maka akan dengan mudah menginfeksi perangkat komputer dan laptop Anda.

Jika laptop terinfeksi malware pastinya sobat yang repot bukan, apa lagi jika Antivirus yang digunakan tidak mumpuni dan tidak ter-update dengan baik, walau begitu cara ini pun sebenarnya juga tidak menjamin sepenuhnya tertular oleh virus sob. 

Menonaktifkan autoplay windows hanya dapat mencegah atau meminimalisir terinfeksi perangkat komputer oleh virus saja. Keadaan ini juga biasa penulis lakukan, yaitu colok flashdisk dan melakukan scan antivirus.

Cara mematikan AutoPlay ini sendiri pun cukup mudah dan ada dua cara berbeda yang akan berikan pemaparan di bawah, pada tutorial kali ini saya menggunakan Windows 8.1, untuk windows 10 kemungkinan sama saja, langsung saja simak tutorial berikut.


Menonaktifkan AutoPlay Windows dengan Control Panel :


1. Buka Control Panel – Hardware and Sound – klik AutoPlay.

Cara Mematikan dan Menghipupkan AutoPlay Windows


2. Hilangkan centang pada Use AutoPlay for all media and device.

Cara Mematikan dan Menghipupkan AutoPlay Windows


3. Selesai, dan jangan lupa untuk klik Save.


Menonaktifkan AutoPlay di Windows dengan Run :


1. Jalankan Run atau logo Windows + R pada keyboard.
2. Ketikan gpedit.msc lalu klik OK.

Cara Mematikan dan Menghipupkan AutoPlay Windows


3. Pilih Computer Configuration – Administrative Templates – Windows Components – AutoPlay Policies.

Cara Mematikan dan Menghipupkan AutoPlay Windows


4. Pada kotak dialog pilih Enabled yang berarti kita mengaktifkan fitur Turn Off AutoPlay ini.

Cara Mematikan dan Menghipupkan AutoPlay Windows


5. Selesai dan klik Apply – Ok.

Untuk mengaktifkanya kembali dapat memilih opsi Not Configured / Disabled.

Sobat dapat memilih diantara dua cara menonaktifkan AutoPlay dari sepengetahuan penulis yang ketahui, mungkin saja ada cara ke tiga melalui CMD atau cara lain yang sobat lebih tau dapat tulisakan di kolom komentar agar dapat menambah refrensi pembaca semua.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Menonaktifkan dan Menghidupkan AutoPlay di Windows 10, 8.1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close