Agar Foto Video di HP Tidak Bisa Dipulihkan (Recovery)

ZOTUTORIAL.com - Sudah merasa hapus foto video di hp namun masih khawatir datanya bisa di pulihkan lagi oleh pemegang baru? Anda perlu menyimak informasi penting berikut agar tidak terjadi kejadian yang tidak di inginkan.

Masalah privasi pengguna hp dapat menjadi masalah ditangan orang yang awam dengan masalah teknologi, betapa tidak karena sekedar menghapus foto dan video saja dapat dengan mudah di pulihkan dengan beragam teknik mulai dari tingkat amatiran hingga expert recovery.

Tindakan ini dapat berakibat serius manakala pengguna ponsel hendak menjual hp bekasnya dan jatuh di tangan orang yang paham dan mahir tentang dunia IT khususnya recovery data.

Pemulihan data hp yang telah terhapus bisa dilakukan secara instan dengan tools aplikasi tertentu yang banyak tersedia baik aplikasi android maupun tools recovery phone via dekstop apps.

Pada tingkat lanjut, pemulihan dapat dilakukan menggunakan kernel linux beserta perintah-perintah coding yang menyertainya, seperti menggunakan kali linux yang dikhususkan untul kebutuhan pentest dan beberapa tools digital forensik.

Namun kali ini admin tidak akan membagikan cara memulihkan data di hp seperti foto dan video, namun bagaimana cara untuk menghilangkan secara permanen foto dan video di hp android tanpa bisa di pulihkan dan di recovery secara instan?

Cara Menghapus File di HP Android Tanpa Bisa di Recovery


Ketahui Dulu Konsep pemulihan data!


Pemulihan data (recovery data) adalah cara untuk memulihkan kembali bit-bit penyusun suatu file dalam memory yang terhapus, karena file yang anda hapus/delete sebenarnya tidak benar-benar terhapus secara permanent walaupun memori telah terlihat kosong.

Secara konsep sederhana, pemulihan data seperti foto, video, pdf dll bisa dilakukan secara sempurna dan tanpa corrupt apabila file tersebut masih fresh delete dan belum tertimpa oleh file baru pada bit-bit flash / disk yang di tempatinya.

Sehingga apabila telah terhapus namun file penting anda tadi telah tertimpa oleh file data-data anda yg baru, maka proses revocery nihil untuk di lakukan. Bisa pulih sekalipun hasilnya akan corrupt file.


Cara Menghapus File di HP Tanpa Bisa di Recovery


Jika menyimak konsep pemulihan diatas berarti yang perlu anda lakukan adalah menimpa file yang sudah di hapus dan kosong dengan file-file baru, agar pemulihan mustahil dilakukan.

Cara ini sangat mudah dan tanpa menggunakan tools atau aplikasi apapun, hanya perlu cukup waktu untuk melakukannya, yaitu dengan cara :

  • Factory reset HP dahulu android yang akan di bersihkan permanen.
  • Setelah reset pertama pastikan siapkan 1 file berukuran besar: misal Video atau Aplikasi Game PC / ISO yang udah di RAR ya.
  • File itu copy atau transfer ke HP android yang mau di bersihkan & masukan ke dalam internal – taruh dimana saja atau masukan kedalam folder baru.
  • Kemudian gandakan file RAR/video tersebut di folder itu juga dengan cara copy-paste.
  • Lakukan hingga memori hampir penuh.
  • Contoh: Memori Internal yang tersedia 112GB – kamu memiliki 1 file Video/ File RAR berukuran 8 Gb maka Anda perlu copy-paste sebanyak 14x untuk memenuhi memori ponselmu itu.
  • Setelah terpenuni oleh file-file tersebut hapus/delete semua file itu tadi.
  • Lakukan Sekali lagi dengan membuat penuh memori hp mu dengan file-file dummy seperti cara diatas.
  • Kemudian terakhir Factory Reset kembali untuk yang ke 2 kalinya.

Selesai dan kini HP android mu aman untuk di jual tanpa bisa di pulihkan data-data pentingnya untuk menjaga privasimu.

Menghilangkan data secara permanen Foto dan video di SDcard / MicroSD card, HardDisk, SSD, FD juga bisa dilakukan dengan cara serupa agar tidak bisa di recovery.

Cara ini merupakan alternatif yang bisa dilakukan untuk hapus file secara permanen tanpa harus menggunakan / install aplikasi wipe disk instant, semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Agar Foto Video di HP Tidak Bisa Dipulihkan (Recovery)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close