6 Cara Mengetahui Versi Windows 10 Build Number dan Edisi Terbaru

ZOTUTORIAL.com - Cara melihat versi Windows 10 beserta Edisi dan build windows terbaru, popularitas Microsoft sebagai sistem operasi tidak perlu diragukan lagi terlebih telah lebih dari dua dekade berkecimpung dalam pengembangan operating system komputer dekstop dan notebook. 

Jika pada versi Windows XP dan Windows 7 istilah update windows dikenal dengan sebutan Service Pack (SP) baik service pack 1 atau SP 3, namun di dalam Windows 10 sudah tidak berlaku lagi.

Pada windows 10 dan windows 11 selain tidak tersedia lagi fitur untuk mematikan auto update windows, Microsoft juga mengeluarkan versi Windows 10 yang dinilai sedikit membingungkan karena banyaknya versi dan build yang tersedia.

Hal ini dikarenakan pada sistem operasi Windows 10 baik versi Home, Pro, Education, Enterprise disamping terdapat Version ada juga Build Number yaitu nomor seri dari update yang di dapatkan di setiap pembaruannya.


Ragam Versi Windows 10


Sebagai contoh pada seri Windows 10 sudah beragam versi dikeluarkan mulai dari Windows 10 1507, 1703, 1709, 1803, 1809, 1909, 20H1 dan Windows 10 20H2 tentunya ini akan semakin meningkat seiring update terbaru yang di rilis Microsoft. Hal inilah yang membingungkan user jika dibandingkan jenis Windows 7 terdahulu yang mudah di ingat berdasar Service Pack beserta versi Professional, Ultimate, Enterprise, Home dan Starter.

Belum lagi nomor Build dibelakangnya misalnya Windows 10 20H1 2004 Build 19041.330 dan juga nama kode seperti Treshold 1, 2 dan Redstone 1, 2 seterusnya. Semakin tinggi nomor dari Build OS Number, merupakan penyempurnaan dari fitur sebelumnya dan juga penutupan bug dan celah keamanan yang ada.

Oleh sebab itu untuk Anda yang ingin mengetahui berapa versi windows 10 beserta build number dari sistem operasi yang sedang digunakan, Anda bisa mengetahuinya dengan melakuakan salah satu dari 6 metode cek versi windows 10 juga bisa di terapkan di windows 11 berikut macamnya.


6 Cara Mengetahui Versi Windows 10 Beserta Build Number


1. Melihat Versi Windows 10 dengan Winver

Yang pertama dan umum digunakan pengguna Windows 10 adalah dengan menjalankan perintah winver pada RUN Caranya :
  • Tekan tombol pada keyboard Win + R (RUN) masukan perintah winver – klik OK.

Melihat Versi Windows 10 dengan Winver


2. Melihat Versi Windows 10 dengan About

Kedua cara ini bisa dibilang umum juga digunakan oleh pengguna yang awam caranya dengan membuka Informasi System pada menu Setting sebagai berikut:
  • Klik Logo Windows – Pilih Settings (Pengaturan) – klik System – pada list paling bawah pilih About.
  • Akan ditampilkan mulai dari Edisi windows yang digunakan, Versi, Tanggal Instal Windows dan Build OS.

Melihat Versi Windows 10 dengan About


3. Cek Versi Windows 10 dan Build Number dengan Dxdiag

Ketiga cara ini bisa dibilang hampir sudah diketahui kebanyakan pengguna Komputer PC maupun laptop sejak jaman Windows XP, tetapi bagi anda yang belum mengetahui caranya sebagai berikut:
  • Tekan tombol Windows pada keyboard Win + R (RUN) – masukan ''dxdiag'' enter.
  • Muncul Informasi Operating System dan hardware yang bisa dibilang cukup lengkap.

Cek Versi Windows 10 dan Build Number dengan Dxdiag


4. Mengetahui Versi Windows 10 dengan msinfo32

Pada windows 10 Anda bisa juga mengecek menggunakan perintah msinfo32 selain bisa dignakan untuk melihat System info cara ini juga lengkap dalam menampilkan informasi system mulai dari BIOS versi, manufactur dan lainya, perintah ini bisa juga digunakan pada Windows 8.1.
  • Jalankan RUN (Win + R) – masukan perintah ‘msinfo32’ lalu Enter.

Mengetahui Versi Windows 10 dengan msinfo32


5. Melihat Versi Windows 10 dengan Windows PowerShell

PowerShell merupakan fitur terbaru yang di tambahkan pada Windows 10 dimana fitur ini tidak tersedia pada windows sebelumnya XP, Windows 7 dan 8.1 caranya seperti berikut:
  • Klik search dibagian bawah (Task Bar) ketikan PowerShell dan jalankan.
  • Setelah terbuka masukan perintah systeminfo dan kemudian Enter maka akan ditampilkan versi Build OS dan versi dengan tampilan terminal.

Melihat Versi Windows 10 dengan Windows PowerShell


6. Mengetahui Versi Windows 10 dengan CMD

Terakhir cara ini bisa dibilang sama dengan menggunakan PowerShell hanya saja bisa juga digunakan semua windows mulai dari Windows XP, Windows 7 dan Windows 8.1 yaitu dengan Command Prompt.
  • Jalankan RUN (Win + R) ketik cmd dan Enter maka akan muncul informasi yang kurang lebih sama dengan cara-cara diatas.

Mengetahui Versi Windows 10 dengan CMD


Sobat bisa menggunakan dan memilih salah satu dari ke enam cara diatas untuk mengetahui Edisi, Versi Windows beserta Build OS yang sedang anda gunakan. Untuk mana yang paling praktis kembali lagi ke diri Anda, semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "6 Cara Mengetahui Versi Windows 10 Build Number dan Edisi Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close