Mengubah Gambar atau Logo Jadi Vector di CorelDraw

Bagaimana cara ubah gambar logo menjadi vector di CorelDraw X4,X5,X6,X7,X8? Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa terdapat 2 jenis gambar vector dan bitmap. Bagi sobat yang telah terbiasa melakukan design logo, tipografi, sticker sablon, banner vector menggunakan CorelDraw 2020 pasti sudah tidak asing lagi, tetapi untuk anda yang masih awam dan belum mengetahui perbedaan vektor dengan bitmap simak dibawah ini.


Apa Vector Itu?

Vector/vektor merupakan kurva digital berbentuk polygon yang tersusun secara matematis dengan berdasarkan sumbu X dan Y. Citra gambar ini biasa dihasilkan oleh software desain vector seperti CorelDraw & Adobe Illustrator.


Ciri Khas Vector dengan Bitmap

Cara mengidentifikasi gambar itu vector atau bitmap (raster) adalah dengan cara perbesar gambar atau zoom, Bitmap : jika gambar tersebut pecah seperti kumpulan kotak-kotak kecil (pixel) saat di zoom dan Vector : jika gambar tidak pecah saat di zoom berulang kali.


Cara Cek Vector atau Raster

Contoh mudahnya gambar bitmap atau raster adalah Anda buka coreldraw atau Ai lalu bikin objek lingkaran dan beri warna, selanjutnya zoom bagian tepi lingkaran dengan scroll berulang kali, maka yang terjadi tidak terdapat pecah pixel.

Sebaliknya masukan foto apapun kedalam CorelDraw dari ponsel atau dari internet dan zoom, maka akan terlihat jelas perbedaanya dimana terdapat susunan dot pixels atau warna pudar.


Jpg / Png Convert to Vector

Mengubah dari foto gambar menjadi vector pun bisa dilakukan dengan mudah, sekaligus cara praktis membuat vector dengan cara menjiplak dari desain yang sudah ada ketimbang membuat dari awal. Membuatnya bisa dilakukan beragam cara, mulai dari convert vector online atau menggunakan coreldraw seperti tutorial ini.

Cara ini juga mempermudah saat pembuatan illustrator wajah atau vektor wajah yang biasa dibuat seperti WPAP. Tutorialnya adalah sebagai berikut.


Cara Mengubah Gambar atau Logo Jadi Vector di CorelDraw


Step 1

Siapkan gambar atau logo dengan format jpg atau png masukan kedalam coreldraw milikmu, pada tutorial ini admin menggunakan versi CorelDraw 2020.

Step 2

Klik gambar dan pilih menu Bitmaps, klik Convert to Bitmaps. Selanjutnya centang Anti-Aliasing dan Transparent Background - Klik OK.

Mengubah Gambar atau Logo Jadi Vector di CorelDraw


Step 3

Kemudian klik Trace Bitmaps, dan pilih Outline Trace - Clipart

Mengubah Gambar atau Logo Jadi Vector di CorelDraw


Step 4

Selanjutnya muncul PowerTRACE tunggu sejenak maka akan otomatis dibuat vector menyerupai objek gambar yang kamu gunakan, jika sudah klik OK.

Mengubah Gambar atau Logo Jadi Vector di CorelDraw


Pada beberapa gambar dengan format .png anda bisa juga langsung menggunakan Trace tanpa perlu melakukan step 2.

Step 5

Selanjutnya anda tinggal Ungroup (Ctrl+U) dan ubah warna per-bagian sesuai dengan keinginan anda menggunakan palete warna di sisi kanan.



Kekurangan PowerTRACE

Cara alternatif ini tentunya ada kekuranganya, yaitu gambar yang di buat dengab PowerTrace tidak akan bisa sebaik dan sebagus vector yang dibuat secara manual karena sebagai berikut.

  • Gradiasi warna menghasilkan potongan vector
  • Tepian vector gambar kurang teratur (tidak rapi)
  • Harus mengatur ulang (editing Shape) bagian yang tidak rapi & kurang sinkron
  • Kualitas Foto gambar yang akan dibikin vector mempengaruhi hasil (kualitas tinggi semakin baik)

Vector akan menghasilkan pola terbaik jika gambar menggunakan warna yang solid (1 warna tanpa gradasi) dan gambar tajam HD.

Jika warna gradasi dipaksakan, tetap bisa menjadi vector hanya saja akan terdapat potongan warna gradasi yang tidak beraturan seperti contoh diatas.

Dengan demikian mengubah gambar .JPG .PNG menjadi vector ini salah satu cara alternatif yang bisa digunakan untuk kondisi tertentu misalnya membuat vector kartun atau vector anime yang ingin dibuat sehingga tinggal mengembangkan dengan beberapa sentuhan editing Shape.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Mengubah Gambar atau Logo Jadi Vector di CorelDraw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel