Tutorial Memperbesar Ukuran Foto di Laptop dan Android Tanpa Photoshop

Tutorial memperbesar ukuran foto di laptop dan android tanpa photoshop by zotutorial. Melakukan resize atau merubah ukuran skala suatu foto gambar merupakan sesuatu yang biasa dilakukan, utamanya bila mendapati foto dengan ukuran yang kecil dan kualitas yang buram pula, biasanya banyak orang akan melakukan perubahan skala dengan harapan memperoleh kualitas foto yang lebih baik.

Biasanya aktivitas memperbesar ukuran foto biasa dilakukan saat akan menginput melalui form lamaran kerja atau form unggah dokumen lainya yang mempersyaratkan batas minimal dan maksimal ukuran sebuah foto. Karena biasanya pengguna akan melakukan unggahan tersebut melalui ponsel smartphone atau laptop maka cara yang bisa ditempuh adalah menggunakan aplikasi resize pada aplikasi editing photoshop, tetapi karena terkadang terhambat masalah tidak memiliki aplikasi tersebut perlu cara lain untuk melakukan perbesaran ukuran foto.

Cara yang umum digunakan oleh professional biasanya adalah menggunakan software olah citra digital seperti Photoshop atau CorelDraw, tetapi yang menjadi masalah adalah tidak semua orang menginstal aplikasi tersebut pada perangkat komputernya. Atau barang kali sedang urgent dan laptop atau komputer di warnet tidak ada software tersebut.

Maka sebagai solusi lain adalah dengan menggunakan aplikasi yang umum ditemukan yaitu Paint, dengan memperbesar ukuran foto menggunakan Paint ini menjadi pilihan yang tepat untuk anda selain mudah juga setiap perangkat laptop maupun komputer PC berbasis OS windows pada umumnya secara default sudah terpasang aplikasi paint sehingga tidak perlu menginstal aplikasi lagi, caranya seperti berikut ini.

1. Memperbesar Ukuran Foto di Laptop/PC

Buka windows pilih foto yang akan kamu perbesar ukuranya klik kanan dan pilih Edit paint.

Tutorial Memperbesar Ukuran Foto di Laptop dan Android

Setelah terbuka klik Resize - klik pada Pixels *pastikan Maintain Aspect Ratio tercentang*
Ubah pada salah satu nilainya saja, misalkan Hotizontal dari 500 menjadi 1500 atau sesuai dengan kebutuhanmu.

Tutorial Memperbesar Ukuran Foto di Laptop dan Android

Bisa sudah kamu bisa klik Ok dan save atau save as, dan lihat perbedaan ukurannya dari 59 kb menjadi 512 kb disertai kenaikan ukuran dimensi.

Tutorial Memperbesar Ukuran Foto di Laptop dan Android

Sedangkan untuk penggunaan pada ponsel android perbesaran foto dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu dengan menggunakan salah satu dari aplikasi yang tersedia di Google Play bernama Photo Compress & Resize. Aplikasi ini cukup kecil hanya 3 Mb dan simpel dalam merubah ukuran daripada harus menaikan ukuran melalui situs online penyedia resize image.

2. Memperbesar Ukuran Foto di Android

Untuk penggunaan di Android sebenarnya ada beberapa pilihan aplikasi dari google play yang menawarkan resize foto yang bisa kamu gunakan, salah satunya yang bisa kita coba adalah photo compress & resize. Setelah install, kemudian klik resize photos ambil source foto yang akan di edit dan atur Width (lebar) atau Height (tinggi) pada image.

Tutorial Memperbesar Ukuran Foto di Laptop dan Android

Kamu bisa atur dengan menaikan nilai pixel pada salah satunya saja dan ukuran satunya akan menyesuaikan dengan sendirinya. Setelah itu klik Start Resizing. Maka otomatis ukuran gambar ter upgrade. Kamu tinggal buka hasilnya melalui Result Folder.

Tutorial Memperbesar Ukuran Foto di Laptop dan Android

Itulah 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar ukuran foto di laptop dan android yang bisa kamu coba dan tentunya cepat dan mudah.

Itulah sedikit cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbesar ukuran foto (resize) tanpa menggunakan adobe photoshop. Tetapi cara diatas hanya akan merubah dan memperbesar skala dimensinya saja, tidak untuk meningkatkan kualitas DPI image menjadi lebih detail dan tajam. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Memperbesar Ukuran Foto di Laptop dan Android Tanpa Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close