5 Peralatan Dasar Untuk Membuat Konten Youtube Vlog | Youtuber Pemula

Jika di tanya cita-cita anak milenial jaman sekarang kecenderungannya akan lebih memilih hal yang berbau teknologi dan entertainment, seperti gamers, animator, reviewers, iT, penulis komik dan sebagainya. Tak terkecuali keinginan untuk membuat konten youtube agar menjadi seorang youtuber yang semakin hari semakin marak ini. Hal ini bukan tanpa sebab dan alasan, mengingat dunia per youtuban tak terlepas juga dari semakin berkembang pesatnya akses teknologi informasi karena kini hampir semuanya membutuhkan informasi secara online, selain itu juga karena semakin murahnya kuota internet unlimited khususnya akses youtube.

Dari hal sepele menyukai menonton konten video di youtube ini, beberapa kalangan mungkin akan terinspirasi dan timbulah keinginan untuk menjadi seperti yang di idolakanya. Siapa sosoknya tergantung dari image youtuber yang sering dilihatnya. Misalkan sering menonton konten gamers maka akan terinspirasi juga menjadi yotuber gamers dikemudian hari, atau mungkin karena memilikin bakat terpendam dan skill tertentu seperti menyanyi maka bisa membuat konten cover musik.

Dikaitkan Dengan Sosok Yang Tajir

Selain itu dikaitkan sosok yang tajir karena youtuber melekat dengan image-nya yang banyak uang, selalu bahagia dan bepenghasilan melimpah hanya dari membuat konten di youtube. Anggapan tersebut memanglah tidak salah karena beberapa diantaranya memang sukses dan merintis dari 0 melalui youtube, dan semakin terkenal maka akan banyak juga tawaran dari endorse dan iklan. Inilah yang membuat beberapa orang semakin termotivasi terjun dalam youtube.

5 Peralatan Dasar Untuk Membuat Konten Youtube Vlog | Youtuber Pemula

Lalu apakah yang menjadi peralatan dasar yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten youtube kususnya vlog, wawancara dan rekaman musik. Beberapa Peralatan Dasar Untuk Membuat Konten Yotube Pemula (vlogger, review, unboxing, gamers, interview). Mari simak poin-poin berikut.

Kamera

Kamera tentu salah satu peralatan utama yang mendukung aktivitas cuap-cuap kamu saat vlogging. Setidaknya kamu bisa menggunakan kamera ponsel android atau iPhone untuk membuat rekaman yang cukup baik. Bila kurang puas dengan hasil yang di dapat, ada banyak pilihan jenis kamera profesional yang bisa kamu coba misalnya kamera pocket, mirrorless dan DSLR yang harganya kini semakin terjangkau.

Tripod

Penyangga dengan 3 kaki ini penting untuk menopang kamera smartphone atau dsrl milikmu agar hasil rekaman menjadi stabil dan tidak goyang. Selain itu ada beberapa jenis tripod dengan model kaki panjang atau pendek dan juga kaki tripod yang fleksibel. Ini tergantung dari penggunaan kamu nantinya apakah peletakan tripod akan di meja atau untuk bawah lantai.

Lighting

Lighting atau lampu sorot tambahan yang biasanya terdiri dari kumpulan lampu LED. Kualitas pencahayaan yang redup merupakan kelemahan bila perekaman menggunakan smartphone entry level, sehingga kamu perlu untuk menambah dukungan pencahayaan yang cukup. Pastikan kamu membekali dengan lighting tambahan ini agar bisa tetap terlihat jelas saat rekaman dalam keadaan redup. Untuk jenis-jenisnya pun beragam mulai dari lighting bentuk O atau biasa disebut ring light yang kamu bisa di pasang kameramu pada tengah tengah led atau juga lighting standar yang berbentuk kotak.

Microphone

Penting juga sebagai pelengkap dalam memperjelas kualitas hasil audio maka kualitas rekaman suara juga harus menjadi prioritas penting, mengingat pendengar akan merasa jengkel dan terganggu jika suara yang dihasilkan terkesan pelan tidak jelas atau mungkin juga banyak noise. Karena itu penggunaan microphone sangat membantu memperbaiki kualitas hasil suara kamu. Selain itu ada beberapa jenis microphone yang bisa kamu coba seperti shotgun, mic condenser dan clip on pastikan kamu menggunakan tipe microphone yang sesuai dengan kebutuhan nantinya, apakah akan membuat konten youtube daily vlog, podcast, wawancara, live streaming dan lain sebagainya.

PC, Laptop atau Smartphone

Dan terakhir ini juga sangat penting dalam membuat konten youtube yaitu komputer PC atau bisa juga Laptop. Karena dengan ini kamu bisa membuat konten menjadi lebih berkualitas dan profesional, tentunya dengan dukungan software editing video yang tersedia. Kamu bisa menggunakan beragam pilihan mulai dari adobe premier pro, vegas pro, camtasia, filmora dan sebagainya. Atau mungkin juga bisa menggunakan smartphone dengan aplikasi editing kinemaster yang banyak dipakai pengguna ponsel. Sehingga bermodal hp smartphone saja sudah bisa menghandel.

Catatan

Jika kamu tidak bisa mendapatkan beberapa peralatan seperti diatas karena dirasa mahal untuk sebagian kalangan, bukan berarti kreativitasmu akan terhenti dan kamu tidak bisa membuat konten seperti youtuber hebat, kamu tetap bisa menggunakan peralatan seadanya ditengah keterbatasanmu, misalkan hanya memunyai smarphone android. Maka kamu tetap bisa membuat konten youtube dengan ponselmu itu secara maksimal - zotutorial.com
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "5 Peralatan Dasar Untuk Membuat Konten Youtube Vlog | Youtuber Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close