Tips Memperbaiki, Memantau Performa dan Melihat Informasi HardDisk

Zotutorial - Jumpa lagi dengan zona informasi dan tutorial seputar Tips & Trik Komputer. Apakah anda termasuk seseorang yang peduli terhadap piranti storage milik sobat ? bila demikian silahkan lanjut untuk menyimak informasi yang saya berikan berikut.

Tips Memperbaiki, Memantau Performa dan Melihat Informasi HardDisk

HardDisk ? Penting Atau Penting Banget ?

Hardisk merupakan hardware (Storage) vital pada sebuah komponen computer baik sebuah PC Dekstop, Laptop maupun Server. Bila banyak yang menyebut Processor dalam sebuah komputer merupakan otak (IQ) kecerdasan dibalik pemrosesan dan olah binary code, listrik bagian dari nyawa, Power Supply Jantung hidupnya perangkat dan saya menyebut bahwa HardDisk (HDD) juga merupakan otak bagian memory dalam perjalanan semasa hidup sebuah computer, itu jika kita menganalogikan sebuah perangkat computer dengan manusia.

Sehingga bagaimana jadinya bila memori ingatan (HardDisk) dalam sebuah perangkat computer terjadi kerusakan maka yang terjadi adalah computer menjadi hilang ingatan blank, muncul pesan error atau nge-hang ketika di hidupkan.

Sedikit Pengalaman Hardisk Bad Sector

Hal inilah yang pernah saya alami sewaktu masa kuliah di semester akhir, dimana ketika sedang giat-giatnya membuat bahan tugas untuk mata kuliah, terjadi hal yang tak terduga yang sebelumnya tidak saya prediksi. Laptop saya mendadak muncul pesan error sehabis booting dan tidak dapat masuk kedalam windows, awalnya saya mengira ini hanyalah masalah biasa pada windowsnya dan bisa di atasi dengan instal ulang atau windows repair, namun gagal.

Berbagai cara pun saya tempuh mulai dari googling dengan beberapa perkiraan untuk mendapatkan petunjuk error tapi tak membuahkan hasil, selanjutnya saya bawa ke beberapa tempat service computer ternyata semua memvonis dengan kerusakan pada Hardisk (Bad sector) dan tak sanggup untuk membackup datanya. Seketika hal ini membuat saya down. Data-data penting, semua dokumen dan foto pun lenyap tinggal kenangan. Mungkin bila yang rusak Processor Mobo atau LCD tidak menjadi kegalauan yang mendalam bagi saya.

Usaha untuk melakukan penyelamatan data pun telah dilakukan dengan cara mengambil hardisk kemudian menjadikanya hardisk eksternal dengan menggunakan enclosure dan ketika di tancapkan ke computer ?? terdeteksi, tetapi ketika dibuka pada partisinya komputer menjadi hang dan tidak dapat masuk pada partisi (bukan karena virus). Karena frustasi terpaksalah saya membeli HDD yang baru.

Dari HDD sebelumnya dengan merek Tosh*ba yang rusak saya putuskan untuk membeli hardisk baru dengan merek yang berbeda yaitu HG*T 500Gb 7200RPM slim. Hingga sekarang 2018 sudah 2 tahun penggunaan Alhamdulillah tidak ada kendala. Ternyata dari kejadian ini saya memperoleh beberapa catatan yang juga dapat anda lakukan untuk upaya pencegahan bila tidak ingin mengalami kasus seperti saya, diantaranya adalah :

Menginstall HD Sentinel

Hard Disk Sentinel Merupakan software pihak ketiga yang dapat memantau performa, informasi dan kesehatan harddisk menyeluruh secara realtime, mulai dari Temperature, Estimasi perkiraan masa hidup HDD, Jumlah Start & Stop hardisk, Berapa lama HDD telah digunakan dan masih banyak informasi lain. Aplikasi ini berbayar pada versi pro, namun tak perlu khawatir karena tersedia banyak versi gratis yang dapat sobat cari di google. Dan berikut screenshot pada Hardisk saya yang baru masih dalam keadaan 100%.

Tips Memperbaiki, Memantau Performa dan Melihat Informasi HardDisk
HDD Health 100%

Saya menggunakan aplikasi ini pada versi portable. Walaupun system windows telah menyediakan fitur Error Checking & CMD tetapi kurang mumpuni untuk mengetahui detail semua informasi serta riwayat pada hardisk kita, dan berikut screenshot pada Hardisk lama Bad Sector.

Tips Memperbaiki, Memantau Performa dan Melihat Informasi HardDisk
HDD Bad Sector

Aplikasi ini juga dapat menjadi acuan ketika kita akan membeli Hardisk eksternal & Internal baru maupun bekas bila tidak ingin kena tipu oleh si penjual. Cara ini juga dapat dilakuka untuk cek hardisk Eksternal & Internal. Sebenarnya tidak hanya HD Sentilel sobat, anda juga dapat menggunakan software lain serupa seperti HD Tune Pro atau Crystall Disk.

Tindakan Yang Dilakukan Apabila Terdapat Error Alert atau Bad Sector ?

Perlu diketahui HDD merupupakan perangkat mekanikal karena terdapat komponen yang bergerak dan berputar di dalamnya, sehingga perangkat ini tidak tahan terhadap goncangan berbeda bila anda menggunakan Hardisk SSD. Bad Sector muncul bisa terjadi karena adanya goresan pada piringan disk, lemahnya sector, overhead dan lain sebagainya. Biasanya Tanda-tanda hardisk bad sector adalah computer akan mengalami lemot hang dan kadang Crash ketika membuka/menjalankan suatu program, juga statistic tidak wajar Performance Disk pada Task Manager, dan mengira ini adalah karena terkena virus. Tidaklah salah karena indikasi kedua nya memang mirip.

Anda dapat melakukan repair melalui CMD yaitu dengan cara seperti berikut :
  • Buka Command Promt (Windows + R - CMD)
  • Ketikan chkdsk /r /f E: tekan enter
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Fungsi /r adalah untuk memindahkan bad sector
  • Fungsi /f adalah untuk memperbaiki error
  • E: adalah partisi yang akan di perbaiki

Tips Memperbaiki, Memantau Performa dan Melihat Informasi HardDisk

Untuk proses /f akan memakan waktu yang cukup lama (Tergantung ukuran partisi & keadaan hardisk) pastikan anda memiliki waktu beberapa jam kedepan untuk tidak menggunakan computer dahulu selama proses sedang berjalan, sobat juga dapat melakukan di salah satu perintah saja misalkan /r saja atau /f saja.
Cara diatas tidak sepenuhnya memperbaiki hardisk yang bad sector hanya memindahkan data dari bad sector ke sector yang masih aman.

Backup Data Penting Anda Sedini Mungkin !!!

Bila telah muncul gejala-gejala yang menunjukan error pada hardisk kita, Tindakan selanjutnya dan juga sangatlah penting dilakukan untuk upaya pencegahan, yaitu dengan cara backup data penting sesegera mungkin ke media storage lain misalnya CD-R/RW, Flashdisk, HardDisk Eksternal khusus backup data maupun dengan teknologi terkini yaitu Cloud Storage dengan jaringan internet. Apapun medianya yang terpenting adalah sebagai data cadangan bagi anda dan dapat menampung seluruh data penting di dalamnya dengan aman.

Tips Memperbaiki, Memantau Performa dan Melihat Informasi HardDisk

Pengalaman adalah guru terbaik, itulah yang bisa saya katakana. Dari sebuah pengalaman yang tidak menguntungkan dari saya, pembelajaran yang dapat dipetik disini adalah bahwa keadaan dimana sesuatu yang terlihat nolmal-normal saja tidak lantas terhindar dari masalah yang berarti. Lebih baik sedia payung sebelum hujan dengan melakukan langkah-langkah pencegahan sedini mungkin.

Demikian informasi panjang kali lebar dan point-point yang dapat saya berikan kali ini tentang Tips untuk Memperbaiki, Memantau Performa dan melihat Informasi pada HardDisk, kurang lebihnya dapat sobat tambahkan pada kolom komentar dibawah, jangan lupa untuk share di WA atau bookmark jika dirasa penting dan semoga bermanfaat sob. 

0 Response to "Tips Memperbaiki, Memantau Performa dan Melihat Informasi HardDisk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel