Tutorial Membuat Efek Sensor Foto Menggunakan Photoshop

Zona Tutorial - Kembali lagi dengan ulasan tutorial seputar photoshop. Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor buatan Adobe Systems yang dirancang untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan effek dalam sebuah foto. Walaupun pada awalnya Photoshop dikhususkan untuk menyunting gambar foto dengan cetakan berbasis kertas seiring berjalanya waktu Photoshop saat ini juga menghadirkan berbagai fitur untuk beragam kebutuhan yang saling berkaitan dan menunjang. PSD sebagai File format asli Photoshop misalnya dapat di export dan digunakan untuk menambahkan efek gambar pada Adobe Premier, After Effects, Adobe Ilustrator dan lain sebagainya.

Efek sensor pada gambar biasanya dilakukan ketika kita akan mempublis sesuatu yang bersifat pribadi atau rahasia, misalnya nama identitas-identitas tertentu, password dalam sebuah foto. Tak hanya itu saja tetapi juga digunakan untuk mengsensor suatu gambar atau foto yang dianggap tidak layak, atau tidak pantas untuk kita publikasikan seperti korban kejahatan dibawah umur, korban kecelakaan, tersangka maupun bagian tubuh seseorang tiadak layak dipertontonkan untuk khalayak umum.

Nah sekarang bagaimana cara agar dapat membuat sensor pada sebuah gambar foto, sesuai judul diatas, kali ini zona tutorial akan membagikan cara membuat sensor menggunakan Software Adobe Photoshop, untuk membuat efek sensor pada sebuah foto menggunakan photoshop ini termasuk mudah dan cepat. Mari langsung saja simak langkah-langkab berikut.

Baca Juga : Tutorial Membuat Efek Sensor Foto dengan CorelDraw

Tutorial Membuat Efek Sensor Foto Menggunakan Photoshop

Langkah Pertama
Siapkan foto yang akan di Edit, buka photoshop kemudian Import atau open gambar, pada Contoh kali ini saya menggunakan foto model yang telah bebas Copyright (Hak Cipta) dari pixabay dan menggunakan Photoshop CC.14, sobat dapat menggunakan versi berapa pun asal tersedia fitur seperti tutorial berikut ini.

Tutorial Membuat Efek Sensor Foto Menggunakan Photoshop

Langkah Kedua
Kemudian seleksi pada bagian yang akan dibuat sensor, dengan berbagai tool seleksi yang tersedia misalnya Elliptical Marquee Tool, Magnetic Lasso Tool atau Quick Selection Tool sesuaikan dengan kebutuhan bagian mana yang akan di sensor. Contoh dibawah saya menggunakan Lasso tool untuk menyeleksi.

Tutorial Membuat Efek Sensor Foto Menggunakan Photoshop

Langkah Ketiga
Setelah diseleksi lalu beralih ke menu bagian atas pilih Filter - Pixelate - Mosaic. Kemudian akan muncul pengaturan Mosaic dan sesuaikan tingkat sensor pada objek yang di seleksi pada Cell Seize dengan menggeser, semakin ke kanan semakin padat Squarenya. Setelah dirasa cukup klik OK saja.

Tutorial Membuat Efek Sensor Foto Menggunakan Photoshop

Selesai, dan jangan lupa CTRL+D untuk menghilangkan garis-garis putus seleksi. Gimana sobat mudah bukan, gambar model diatas hanyalah sebagai pemanis saja. Untuk tingkat kepekatan pada bagian yang di sensor dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Mengatasi Error Gambar Ketika Dibuka di Photoshop

Sekian sedikit tutorial yang saya bagikan kali ini tentang cara membuat sensor pada foto menggunakan Photoshop CC.14 baca juga dan ikuti tutorial lainya dari zona tutorial, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian dan selamat mencoba..
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Membuat Efek Sensor Foto Menggunakan Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close